Follow Us

Axiata Group dan Sinar Mas Eksplorasi Merger XL Axiata dan Smartfren

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 15 Mei 2024 | 21:15
Ilustrasi produk XL Axiata
XL Axiata

Ilustrasi produk XL Axiata

nextren.com – Axiata Group Berhad dan Sinar Mas, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Nota Kesepahaman Tidak Mengikat ("MOU") untuk secara bersama-sama mengeksplorasi usulan merger antara XL Axiata dan Smartfren untuk membentuk entitas baru, MergeCo.

Transaksi yang Diusulkan saat ini berada pada tahap awal evaluasi, dengan Axiata dan Sinar Mas berniat untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali bersama dari MergeCo.

Tidak ada kepastian bahwa diskusi yang sedang berlangsung antara Para Pihak akan menghasilkan kesepakatan yang mengikat atau penyelesaian Transaksi yang Diusulkan.

Validasi rasional merger dan penciptaan nilai bagi pemegang saham, uji kelayakan, penyusunan rencana bisnis bersama, dan kesepakatan tentang istilah kunci akan menjadi kegiatan utama yang dilakukan selama fase eksplorasi yang diatur oleh MOU yang tidak mengikat ini.

Setiap perkembangan penting terkait MOU ini akan diumumkan sesuai kebutuhan. Jika kesepakatan yang mengikat akan dicapai di masa mendatang, transaksi yang terkait akan tunduk pada persetujuan regulasi dan korporat.

Baca Juga: Trafik Data XL Axiata Libur Ramadan dan Lebaran 2024 Naik Tertinggi 68% di Kebumen

Dengan tujuan untuk menciptakan penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, merger yang diusulkan antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan dapat menggabungkan skala, kompetensi, keuangan, dan keahlian telekomunikasi mendalam dari Axiata dan pengetahuan pasar lokal dari Sinar Mas untuk menghasilkan nilai signifikan.

Kedua pihak diharapkan memiliki pengaruh yang seimbang atas arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, didukung oleh kekuatan masing-masing.

Axiata percaya bahwa MergeCo akan memiliki kelincahan strategis, kompetensi, dan skala untuk memenuhi harapan dan permintaan yang semakin meningkat dari konsumen, bisnis, dan sektor publik di Indonesia.

MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang superior di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambahan bagi pemegang saham, termasuk melalui sinergi dari operasi gabungan XL Axiata dan Smartfren.

Axiata berkomitmen untuk tetap menjadi pemain terkemuka di lanskap digital dan teknologi Indonesia, berakar pada visi jangka panjangnya untuk mendukung masa depan digital negara ini.

Indonesia adalah pasar penting dan kunci bagi inisiatif strategisnya.

XL Axiata adalah aset terbesar Axiata dan dari perspektif portofolio, Indonesia adalah pencipta nilai tertinggi, di mana ia menjalankan lima bisnis utama - XL Axiata, Link Net, EDOTCO, Boost, dan ADA.

Baca Juga: Dilewati Jutaan Pemudik, XL Axiata Perkuat Jaringan di 3 Jalur Utama Penyeberangan Laut

(*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest