Follow Us

Samsung Research Indonesia Ungkap Pentingnya Data Untuk Galaxy AI

Ida Bagus Artha Kusuma - Jumat, 10 Mei 2024 | 20:33
Samsung Research di Indonesia menjadi bagian dari seri tentang orang-orang dan inovasi yang ada dibalik demokratisasi mobile AI

Samsung Research di Indonesia menjadi bagian dari seri tentang orang-orang dan inovasi yang ada dibalik demokratisasi mobile AI

nextren.com - Samsung Research Indonesia (SRIN) telah mengungkapkan pentingnya peran data dalam kesuksesan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada seri Galaxy mereka.

Melalui penelitian yang menyeluruh, SRIN memaparkan langkah-langkah yang diambil untuk memperluas pengalaman pengguna melalui kehadiran AI yang lebih inklusif dan responsif.

Galaxy AI, yang kini mendukung 16 bahasa, merupakan langkah maju dalam mendemokratisasi AI di ranah mobile.

Melalui fitur-fitur seperti Live Translate, Interpreter, Note Assist, dan Browsing Assist, pengguna dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mereka secara langsung.

Galaxy AI

Galaxy AI

Namun, di balik kesuksesan ini, terdapat tantangan besar dalam pengembangan bahasa untuk AI.

Junaidillah Fadlil, Kepala AI di SRIN, mengungkap bahwa fondasi AI yang hebat terletak pada dua hal: data yang berkualitas dan relevan.

Dalam menghadapi kebutuhan linguistik yang beragam, tim SRIN menggali lebih dalam untuk memahami keunikan dari Bahasa Indonesia.

"Pengembangan bahasa lokal harus dilakukan dengan dasar pemahaman dan pengetahuan yang kuat, serta dengan memperhatikan aspek legal dan etis," ujar Fadlil.

Proses pengembangan bahasa dalam AI melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pengenalan ucapan otomatis (ASR), mesin terjemahan (NMT), hingga teks-ke-suara (TTS).

Setiap tahapan membutuhkan kumpulan data yang unik dan berkualitas.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest