Follow Us

Susul Meta, Amazon Kembali Lakukan PHK Massal Terhadap 9000 Karyawan

Khoiruddin Yusup - Selasa, 21 Maret 2023 | 10:39
Situasi kantor Amazon yang baru saja melakukan PHK massal terhadapa 9000 karywannya.
NPR

Situasi kantor Amazon yang baru saja melakukan PHK massal terhadapa 9000 karywannya.

Nextren.grid.id - Amazon kembali melakukan PHK terhadap sebanyak 9000 karyawannya setelah sebelumnya merumahkan 18.000 lebih di gelombang pertaman.

Karyawan yang terdampak sebagian besar berada di beberapa divisi seperti Amazon Web Services, People Experience and Technology (PXT), periklanan, dan Twitch.

Melansir dari CNN, hal ini diumumkan langsung oleh sang CEO, Andy Jassy dalam sebuah memo yang dikirimkan kepada pada staff-nya di hari Senin, (20/3/2023).

Dalam memonya, Jassy mengatakan bahwa gelombang PHK kedua ini akan berlangsung secara bertahap dalam beberapa minggu mendatang.

Ia beralasan bahwa keputusan ini dilakukan agar menyelamatkan perusahaan dalam beberapa waktu kedepan.

"Ini merupakan keputusan yang sulit, namun kami rasa merupakan keputusan yang terbaik bagi perusahaan dalam jangka panjang," tulis Jassy.

Ia juga menjelasakan mengapa pemutusan kerja di gelombang kedua ini perusahaan mengumumkan secara spesifik divisi yang terdampak, tidak seperti di gelombang pertama.

"Tidak semua tim selesai melakukan analisis pada akhir musim gugur; dan daripada terburu-buru melakukan penilaian ini tanpa ketekunan yang sesuai, kami memilih untuk membagikan keputusan yang telah kami buat agar orang-orang mendapatkan informasi sesegera mungkin," tulisnya.

Baca Juga: Apple Pilih Berhemat dan Tunda Bonus daripada PHK Massal Karyawan

Amazon dan beberapa perusahaan teknologi lainnya memang cenderung overhired karena permintaan minat yang meningkat pada awal pandemi.

Namun begitu, seperti yang dikatakan sang CEO di dalam memo-nya bahwa kondisi ekonomi setelah pandemi usai kini sudah sangat berbeda dengan dua tahun lalu.

Source : CNN

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest