Follow Us

Meta Rilis Machine Learning AI Pertamanya Bernama LLaMA, Ikuti Trend!

Khoiruddin Yusup - Sabtu, 25 Februari 2023 | 09:27
Ilustrasi pengguna menggunakan layanan  machine learning AI Meta, LLaMA.
TIME

Ilustrasi pengguna menggunakan layanan machine learning AI Meta, LLaMA.

Nextren.com - Bisnis berbasis kecerdasan (AI) buatan saat ini tengah menjadi topik yang hangat dibicarakan banyak orang di seluruh dunia.

Tidak sedikit perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Microsoft yang mengucurkan dana ratusan juta dolar untuk mengembangkan teknologi ini.

Hari ini Meta ikut dalam persaingan keduanya dengan meluncurkan model bahasa machine learning atau Language Learning Machine (LLM) pertamanya bernama LLaMA. (25/2/2023)

Sebenarnya, ini bukanlah chatbot seperti ChatGPT yang dapat berbicara berkomunikasi dengan manusia dengan bahasa yang natural.

Dalam unggahan resminya, perusahaan mengatakan ini merupakan alat penelitian yang akan "mendemokratisasi akses di bidang yang penting dan cepat berubah ini."

Selai itu, LLaMA desebut-sebut mampu mengetahui masalah-masalah yang kini ada pada model bahasa AI.

Contohnya agar chatbot dapat menghindari bias dan kerancuan hingga kecenderungannya untuk mengarang-ngarang informasi.

Baca Juga: Centang Biru Facebook dan Instagram Bakal Wajib Bayar dan Langganan

Untuk mewujudkannya, perusahaan menggunakan "lisensi non-komersial yang berfokus pada kasus penggunaan penelitian".

Karena itu proyek ini akan terintegrasi dengan setiap hasil riset berbeagai institusi seperti universitas, organisasi non-pemerintah dan laboratorium.

Raksasa media sosial itu juga mengatakan bahwa teknolgi buatannya ini dapat mewujudkan respon AI yang lebih bertanggung jawab.

"Kami percaya bahwa seluruh komunitas AI, peneliti akademis, masyarakat sipil, pembuat kebijakan, dan industri harus bekerja sama untuk mengembangkan standar yang jelas tentang AI yang bertanggung jawab secara umum dan model bahasa besar yang bertanggung jawab secara khusus," tulis perusahaan.

Source : Meta AI, Facebook/ @Mark Zuckerberg

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest