Follow Us

OpenAI Rilis Alat Pendeteksi Teks Buatan Chatbot AI, Termasuk ChatGPT

Khoiruddin Yusup - Rabu, 01 Februari 2023 | 17:30
Ilustrasi chatbot AI bernama ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.
The Boston Globe

Ilustrasi chatbot AI bernama ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.

Nextren.com - Startup berbasis Artificial intelligence, OpenAI baru saja merilis alat pendeteksi tulisan chatbot AI baru. (1/2/2023)

Alat ini didesain agar mampu mendeteksi apakah sebuah tulisan dibuat oleh manusia atau kecerdasan buatan, termasuk platformnya sendiri ChatGPT.

Hal ini adalah respon perusahaan terhadap banyaknya laporan dari institusi pendidikan yang melarang penggunaan teknologi tersebut.

Diketahui, banyak mahasiswa dan pelajar di Amerika Serikat yang kedapatan menggunakannya untuk membuat tugas atau artikel.

Kepala Eksekutif OpenAI, Sam Altman mengatakan bahwa kehadiran teknologi miliknya "sama seperti kemunculan kalkulator beberapa tahun lalu".

Kehadirannya akan membantu banyak orang, namun akan banyak orang yang tidak setuju terutama di bidang pendidikan.

Karena itu, Sam mengatakan bahwa pihaknya akan membantu para pengajar untuk bisa mendeteksi tulisan buatan kecedasan buatan.

Baca Juga: Baidu Akan Luncurkan AI Chatbot Untuk Saingi ChatGPT Mulai Maret

Salah satu staff perusahaan mengatakan bahwa meski alat ini sudah jadi, masih dibutuhkan banyak pengembangan dan pemaksimalan.

Hal ini dikarenakan masih ada banyak error yang terjadi di saat lakukan pemakaian.

"Dalam evaluasi kami terhadap 'rangkaian tes' teks berbahasa Inggris, sistem pendeteksi kami telah mengidentifikasi dengan benar 26% teks yang ditulis oleh AI (true positive) sebagai 'kemungkinan ditulis oleh AI'," ungkapnya.

Source : TechGoing

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest