Follow Us

Ternyata Ini Alasan Pesawat Tidak Boleh Terbang Melewati Kabah, Benarkah Karena Medan Magnet?

Wahyu Subyanto - Selasa, 29 November 2022 | 20:30
Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.
AP photo

Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.

Nextren.com - Saat ini rasanya pesawat terbang bisa pergi ke manapun di dunia, bahkan hingga ke tempat terpencil dan berbahaya seperti di Kutub Utara.

Namun ternyata ada beberapa lokasi yang tidak boleh dilintasi pesawat, salah satunya Ka'bah, bangunan suci di dalam Masjidilharam di Makkah, Arab Saudi.

Salah satunya Kabah, bangunan suci di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi yang menjadi kiblat shalat, tawaf haji dan umrah bagi umat muslim.

Alasan Pesawat Tidak Melewati Kabah

Mengapa pesawat tidak boleh terbang melintasi Kabah? Apakah benar karena medan magnet yang kuat?

Bukan karena medan magnet

Alasan pesawat tidak boleh terbang melintasi Kabah ternyata bukan karena medan magnet di Kabah.

Baca Juga: Heboh Pesawat Raksasa AS Mendarat di Bali, Mampu Angkut 144 Tentara, Tank Hingga 4 Helikopter Blackhawk

Menurut peneliti senior Institute of Physics of the Globe of Paris (IPGP) Julian Aubert, bumi memang memiliki medan magnet, tetapi tidak terletak di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Keberadaan medan magnet memang bisa mengganggu penerbangan, tetapi tak lantas mencegah pesawat untuk terbang atau melintas di atasnya.

"Gangguan magnetik tidak mencegah pesawat terbang. Mereka hanya bisa mengganggu kompas, tetapi pesawat jelas menggunakan sistem geolokasi yang lebih modern," kata Aubert, dilansir dari Fact Check AFP.

Menurut Persatuan Pilot Maskapai Penerbangan Nasional Perancis (SNPL), larangan terbang di atas Kabah adalah karena alasan agama atau kepercayaan. Menurutnya, larangan melintas itu sebagai bentuk penghormatan terhadap Kabah sebagai tempat suci bagi Muslim.

"Alasan ideologis dan penghormatan terhadap Kabah," ujar SNPL.

Mekkah terutama Kabah dianggap sebagai tempat suci yang hanya boleh dimasuki umat Islam, termasuk wilayah udara yang ada di atasnya.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular