Follow Us

Gerakan Menuju "Smart City" Terus Berlanjut, Apa Saja Inovasi yang Telah Dilahirkan?

Yussy Maulia - Jumat, 25 November 2022 | 18:12
Kantor Balaikota Payakumbuh.

Kantor Balaikota Payakumbuh.

Nextren.com – Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk mengakselerasi program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City).

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City merupakan program pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bagi pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city.

Pada tahun ini, Gerakan Menuju Smart City melibatkan 50 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh negeri. Salah satunya adalah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Ada banyak inovasi yang dilakukan Kota Payakumbuh untuk bertransformasi menjadi kota cerdas.

Salah satunya adalah MY KOPAY, aplikasi untuk menyebarkan informasi terkini seputar Kota Payakumbuh, mulai dari aktivitas pemerintah, event yang sedang berlangsung, hingga lowongan kerja.

Agar aplikasi MY KOPAY dapat terimplementasi dengan baik, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh menjalin kemitraan dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat, serta pelaku UMKM.

MY KOPAY juga akan diintegrasikan dengan aplikasi layanan publik yang telah dimiliki Pemkot Payakumbuh.

Baca Juga: Sebanyak 50 Kota dan Kabupaten Rancang Masterplan Gerakan Menuju Smart City 2022

Selain itu, aplikasi MY KOPAY juga memiliki fitur yang menampilkan beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, lengkap dengan kontak serta lokasi UMKM tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di Payakumbuh.

Inovasi lain dari Pemkot Payakumbuh adalah meningkatkan smart branding kota dengan menyelenggarakan acara Terkesima atau Festival Kebudayaan City of Randang.

Editor : Yohanes Enggar

Latest