Follow Us

Elon Musk Jadi Satu-Satunya Direktur dan Berkuasa Penuh di Twitter, Apa Bahayanya?

Maulani Mulianingsih - Selasa, 01 November 2022 | 17:00
Ilustrasi Elon Musk dan logo Twitter
Fox Business

Ilustrasi Elon Musk dan logo Twitter

Nextren.com - Elon Musk menjadi "Sole Director" atau satu-satunya direktur perusahaan Twitter yang memiliki kuasa penuh atas Twitter, termasuk untuk memecat karyawan Twitter.

Desas-desus bahwa Elon Musk akan memecat ribuan karyawan, bahkan hingga 75% karyawan Twitter setelah ia mengakuisisinya memang sudah santer terdengar.

Kemudian, setelah berhasil mengakuisisi Twitter, Elon Musk tak tanggung-tanggung langsung memecat 3 petinggi Twitter yaitu mantan CEO Parag Agrawal, mantan CFO Ned Segal dan mantan Chief Legal Officer Vijaya Gadde, dan beberapa orang lainnya di Twitter.

Melihat hal tersebut terjadi hanya beberapa jam setelah akuisisi, nampaknya Elon Musk akan benar-benar merombak Twitter.

Setelah memecat para petinggi Twitter tersebut, kini Elon Musk menjadi "Sole Director" atau satu-satunya direktur perusahaan yang juga menjadi anggota satu-satunya perusahaan.

Artinya Elon Musk menjadi satu-satunya anggota perusahaan yang berhak memiliki kendali tak terbatas untuk menunjuk seseorang duduk di jajaran petinggi Twitter, atau penentuan kebijakan Twitter lainnya.

Elon Musk resmi memiliki kuasa tersebut setelah menyelesaikan akuisisi Twitter dengan nilai $44 miliar atau sekitar Rp 687 miliar, menurut dokumen yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat pada hari senin lalu.

Sebagai salah satu orang terkaya di Dunia, mudah saja bagi Elon Musk untuk mengambil alih seluruh hal dari Twitter, buktinya saja ia menyelesaikan akuisisi Twitter melalui kombinasi kekayaannya, seperti dana investasi dan pinjaman bank.

Dilansir dari Aljazeera, bahkan Elon Musk juga menawarkan untuk membeli kembali semua obligasi Twitter yang beredar menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat.

Pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, obligasi Twitter yang beredar tersebut kebanyakan dimiliki Pangeran Saudi Alwaleed bin Talal.

Jika benar Elon Musk hendak membeli semua obligasi Twitter, artinya Elon Musk ingin menggeser posisi Pangeran Saudi sebagai pemegang saham terbesar kedua di Twitter.

Melihat gerak-gerik Elon Musk yang ingin menguasai Twitter sepenuhnya, Chris Murphy, seorang senator Demokrat untuk Connecticut berusaha menghalanginya.

Source : Al Jazeera

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest