Follow Us

Vladimir Putin Peringatkan AS: Rusia Tak Akan Diam Saat AS Ingin Dominasi Laut Dunia

Gama Prabowo - Senin, 01 Agustus 2022 | 09:30
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di acara peringatan hari Angkatan Laut Rusia. Putin pernah mengingatkan AS yang ingin merebut dominasi laut dunia.
REUTERS/Maxim Shemetov

Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di acara peringatan hari Angkatan Laut Rusia. Putin pernah mengingatkan AS yang ingin merebut dominasi laut dunia.

Nextren.com - Baru-baru ini, Presiden Rusia Vladimir Putin peringatkan AS terkait ambisi mereka untuk merebut dominasi laut dunia.

Pada perayaan hari Angkatan Laut Rusia, Vladimir Putin peringatkan AS bahwa Rusia tak akan tinggal diam melihat ambisi AS yang ingin melakukan dominasi laut dunia.

Vladimir Putin telah menandatangani doktrin angkatan laut Rusia yang baru, menjadikan AS yang ingin merebut dominasi laut dunia sebagai saingan utama Rusia.

Doktrin tersebut juga turut menetapkan ambisi maritim global Rusia untuk wilayah-wilayah penting seperti Kutub Utara dan Laut Hitam.

Baca Juga: Iran Menjadi 'Medan Pertempuran' Baru AS vs Rusia, Apa yang Diperebutkan?

Dilansir dari Reuters, Putin memberikan pidato singkat pada Hari Angkatan Laut Rusia di St Petersburg yang didirikan oleh Tsar Peter The Great.

Dalam pidatonya Putin memuji Peter karena menjadikan kekulatan laut Rusia yang hebat dan meningkatkan posisi global negara Rusia.

Setelah memeriksa Angkatan Laut, Putin membuat pidato singkat di mana ia membanggakan senjata rudal jelajah hipersonik Zircon terbaru.

Menurut Putin, rudal jelajah hipersonik Zircon memiliki kemampuan unik yang mampu menjadi peringatan bagi negara mana pun bawa Rusia memiliki kekuatan militer untuk mengalahkan lawannya.

Baca Juga: Putin 'Curhat' Kepada Jokowi Tentang Kacaunya Pangan Dunia Akibat Sanksi Barat

Sesaat sebelum berpidato, Putin menandatangani doktrin angkatan laut baru setebal 55 halaman.

Doktrin tersebut menetapkan tujuan strategis angkatan laut Rusia yang luas termasuk ambisinya sebagai "kekuatan maritim besar" yang meluas ke seluruh dunia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest