Follow Us

Ngeri Banget! Pesawat Malaysia Airlines Terjun Bebas Menukik 2,1 KM Saat Terbang, Ternyata Ini Penyebabnya

None - Rabu, 13 April 2022 | 21:26
Malaysia Airlines
express.co.uk

Malaysia Airlines

Nextren.com - Beberapa hari lalu kita mendengar musibah besar yang hampir saja terjadi, yaitu pesawat Malaysia Airlines yang jatuh kencang.

Pesawat Boeing 737-800 maskapai Malaysia Airlines mengalami insiden "terjun bebas" di tengah penerbangan, menukik 7.000 kaki pada 3 April 2022 lalu.

Pesawat B737-800 Malaysia Airlines registrasi 9M-MLS rute Kuala Lumpur-Tawau dengan nomor penerbangan MH2664, sebelumnya mengalami gangguan teknis 30 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Pesawat yang dilaporkan tengah menghadapi cuaca buruk ini disebut berada di ketinggian sekitar 31.000 kaki, dan tiba-tiba langsung menukik ke ketinggian 24.000 kaki dalam waktu singkat.

Sejumlah penumpang pun menceritakan pengalaman penerbangan yang mengejutkan mereka.

Baca Juga: Pesawat China Eastern Airlines Jatuh di Gunung dan Terbakar, Penumpang 132 Orang dan 9 Awak

Salah satunya adalah Halimah yang mengaku bahwa ia dan beberapa penumpang lainnya “melayang” di udara ketika pesawat menukik untuk pertama kalinya.

Halimah, yang pada saat itu tidak mengenakan sabuk pengaman lantaran lampu sabuk pengaman mati, juga menyebut bahwa banyak penumpang yang ketakutan, menangis, dan pasrah akan hidupnya.

Laporan awal MH2664

Otoritas penerbangan sipil Malaysia (CAAM) pun merilis laporan terbarunya terkait insiden MH2664 pada 3 April 2022.

Menurut CAAM, pesawa B737-800 Malaysia Airlines 9M-MLS itu menukik tanpa disengaja akibat “kesalahan teknis”.

CEO CAAM, Chester Voo mengatakan kesimpulan kesalahan teknis tersebut mengacu pada flight data recorder (FDR) pesawat, disebabkan oleh sistem pitot statis pesawat yang tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest