Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Index Kebahagiaan Gawai 2022: Inilah Pertimbangan Konsumen Saat Beli Smartphone

Martinus Aditama - Sabtu, 09 April 2022 | 22:00
Indeks Kebahagiaan Gawai 2022
Nextren

Indeks Kebahagiaan Gawai 2022

Laporan Wartawan Nextren, Martinus Aditama.

Nextren.com -Hasil riset Index Kebahagiaan Gawai 2022 telah selesai dianalisa dan siap untuk dibagikan sebagai informasi yang berguna bagi pembaca.

Salah satu topik bahasan pada Index Kebahagiaan Gawai 2022 menyangkut pertimbangan utama responden dalam membeli smartphone.

Terdapat beberapa aspek yang menjadi pertimbangan responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 dalam membeli smartphone.

Baca Juga: Index Kebahagiaan Gawai 2022: Merek Hape Apa yang Paling Membuat Bahagia Pemiliknya?

Dari hasil riset, kebanyakan responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 memilih aspek spesfikasi sebagai pertimbangan utama saat membeli smartphone.

Diantara aspek-aspek lainnya, sebanyak 58% responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 memilih aspek spesifikasi.

Aspek spesifikasi sendirimenyangkut beberapa bagian dari smartphone, contohnya kamera, baterai, RAM, dan prosesor.

Setelah spesifikasi, pertimbangan utama responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 dalam membeli smartphone mengarah ke aspek harga dengan persentase 22%.

Menyusul aspek spesifikasi dan harga,responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 juga mempertimbangkan aspek-aspek lainnya dalam membeli smartphone.

Sejumlah aspek lain tersebut diantaranya adalah fitur (12%), desain (3%), dan layanan penjualan (1%).

Sementara itu,setiap respondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 dari beragambrand smartphone memiliki aspek pertimbangannya masing-masing saat membeli sebuah smartphone.

Berikut adalah penjabaran lengkapnya:

Spesifikasi

Sebanyak 68% pengguna Realme yang menjadirespondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 memilih aspek spesifikasi sebagai pertimbangan utama saat membeli smartphone.

Menyusul Realme, respondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 yang menggunakan brand smartphone lain turut memilih aspek spesifikasi dalam mempertimbangkan pembelian smartphone.

Responden dari brand lain tersebut meliputi pengguna Vivo (62%), Xiaomi (62%), Redmi (60%), OPPO (58%), Samsung (57%), dan pengguna iPhone 53%.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan realme C35, HP 2 Jutaan rasa Flagship

Fitur

Untuk aspek fitur,respondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 pengguna iPhone mendominasi aspek ini, yaitu dengan persentase 25%.

Setelah pengguna iPhone, fitur juga menjadi pertimbangan responden pengguna Samsung (10%), OPPO (9%), Redmi (7%), Xiaomi (5%), Vivo (4%), dan Realme (3%).

Harga

Terkait dengan aspek harga sebagaipertimbangan dalam membeli smartphone, posisi paling atas ditempati responden pengguna Xiaomi dengan persentase sebesar 32%.

Di posisi selanjutnya setelah Xiaomi, ada pengguna Redmi (30%), Realme (26%), OPPO (26%), Vivo (25%), Samsung (25%), dan iPhone (7%).

Khusus untuk pengguna iPhone,mereka tidak terlalu mempertimbangkan hargasaat membeli produk smartphone.

Hal ini didorong oleh konsumen iPhone yang sudah fanatik, sehingga harga bukanlah halangan bagi mereka.

Baca Juga: Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro Resmi Masuk Indonesia, Segini Harganya

Desain

Aspek desain menjadi pertimbangan utama respondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 yang menggunakan brand smartphone iPhone.

Sebanyak 6% responden pengguna iPhone memilih aspek desain saat membeli smartphone.

Disusul setelahnya, terdapat pengguna Samsung (5%), Vivo (4%), OPPO (1%), dan Xiaomi (1%).

Sedangkan bagi responden pengguna Realme dan Redmi, nilai persentase yang diraih terkait aspek desain ada di angka 0%.

Layanan Penjualan

Sebanyak 4% repondenIndex Kebahagiaan Gawai 2022 pengguna smartphone brand Vivo memilih aspek layanan penjualan sebagai pertimbangan utama saat membeli smartphone.

Setelah itu, responden pengguna brand Realme (3%), Samsung (1%), dan OPPO (1%) turut memilih aspek tersebut.

Sedangkan persentase 0% terkait aspek layanan penjualan ditunjukkan oleh para responden pengguna brand smartphone iPhone, Xiaomi, dan Redmi. (*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x