Nextren.com - Industri gawai sangat berkembang di Indonesia, seiring penetrasi internet yang makin tinggi dan aktifitas masyarakat yang mobile.
Menurut data dari GSMA Intelligence, di awal 2022 Indonesia memiliki 370.1 juta nomor telepon selular yang aktif.
Angka tersebut menunjukkan bahwa koneksi mobile di Indonesia sekitar 133.3 persen dari total jumlah penduduk yang sekitar 273 juta.
Padahal jumlah penduduk Indonesia hanya 273 juta jiwa. Artinya banyak orang memiliki lebih dari satu hape dan nomor seluler.
Begitu besarnya angka pengguna hape di Indonesia, membuat merek-merek smartphone global masuk Indonesia.
Latar belakang itulah yang membuat Nextren sebagai media teknologi menggelar survei Index Kebahagiaan Gawai 2022.
Indeks kebahagiaan Gawai 2022 merupakan penilaian terhadap kepuasan para pemilik hape, terhadap harga, desain, fitur, spesifikasi dan layanan purna jualnya.
Survei dilakukan secara online dengan menggunakan 5 indikator yang diformulasikan oleh tim internal Nextren berdasarkan kriteria yang ingin diukur dari sebuah gawai.
Indikator pertama adalah Harga, yang dilihat dari harga terjangkau, spesifikasi, serta fiturnya.
Indikator kedua adalah Desain yang diukur dari kenyamanan penggunaan, desain dan warna, serta material.
Indikator ketiga adalah Fitur yang mengukur jumlah fitur, manfaat fitur serta kemudahan penggunaan fitur tersebut.
Indikator keempat adalah Spesifikasi yang mengukur kualita kamera, baterai, memori RAM dan prosesornya.
Terakhir Indikator Purna jual yang mengukur kualitas garansi, Sales, dan Customer Service.
Survei kuantitatif dilakukan secara online lewat Survey online pada periode 8 – 25 Maret 2022 lalu, dengan 867 responden dari para user KG Media di Kompas, Tribunnews, dan Grid Network.
Adapun kriteris responden yang diambil adalah WNI umur 15-65+, SES ABC, dan pengguna gawai dalam 3 bulan terakhir.
Sebaran responden yang diambil terbilang luas, yang berasal dari Sumatera Utara 4%, Sumatera Selatan 2,4%, DKI jakarta 19%, Bodetabek 13%, Jawa Barat 18%, Yogyakarta 4,2%, Jawa Tengah 12%, Jawa Timur 14%, dan Sulawesi Selatan 2,3%.
Usia responden didominasi usia produktif, yaitu 25-34 tahun (40%), 18-24 tahun (24%), 35-44 tahun (21%), 45-54 tahun (9%).
Sementara pengeluaran rutin rumah tangga mereka per bulan di luar cicilan, menunjukkan kelas bawah hingga menengah yang mendominasi.
Pengeluaran rutin mereka adalah Rp 1,4 juta - Rp 2,8 juta per bulan (35%), kurang dari Rp 1,4 juta per bulan (27%), Rp 2,8 juta - Rp 4,25 juta per bulan (23%), Rp 4,25 juta - Rp 7 juta per bulan (11%), Rp 7 juta - Rp 11 juta per bulan (4%), dan lebih dari Rp 11 juta Rp 1,4 juta - Rp 2,8 juta per bulan (35%).
Survei Indeks kebahagiaan Gawai 2022 diikuti oleh merek smartphone global Samsung, Oppo, iPhone, Xiaomi, realme, Redmi, dan Vivo.
Jadi dari hasil survey tersebut, merek apakah yang paling membahagiakan penggunanya?
Yuk ikuti terus hasil dari Indeks kebahagiaan Gawai 2022 di Nextren.com.