Follow Us

4 Cara Mengatasi Sudah Pakai TV Digital Tapi Siaran TV Tidak Muncul

None - Senin, 07 November 2022 | 21:57
Kompas TV Siap Jadi TV Digital

Kompas TV Siap Jadi TV Digital

Nextren.com - Beberapa hari terakhir ini masyarakat disibukkan oleh matinya siaran TV analog, lalu berburu alat bernama Set Top Box agar tetap bisa menonton siaran TV yang sudah diubah ke sinyal digital.

Masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) sejak 2 November lalu tak bakal lagi bisa menonton siaran TV analog.

Sebagai ganti dari siaran TV analog dimatikan, masyarakat hanya bisa menonton siaran TV digital.

Saat TV analog dimatikan, adapun salah satu cara untuk menonton siaran TV digital adalah dengan menggunakan perangkat TV digital yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation).

Dengan adanya DVB-T2 yang terpasang secara built-in, perangkat TV dapat dipakai langsung untuk menerima sinyal siaran TV digital.

Baca Juga: Solusi Siaran TV Analog Mati, Begini Cara Pasang Set Top Box di TV Analog

Menonton siaran TV digital di perangkat TV digital bisa dikatakan cukup mudah.

Kendati mudah, bukan berarti tak ada kendala.

Salah satu kendala yang mungkin cukup banyak dijumpai adalah TV digital tidak ada sinyal siaran.

Bila tak ada sinyal yang diterima maka TV digital tidak akan bisa menayangkan konten siaran digital dari lembaga penyiaran.

Direktur Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Marvels Situmorang mengatakan penyebab TV digital tidak ada sinyal bisa ditimbulkan dari beberapa faktor.

Misalnya, seperti arah atau posisi antena, kondisi perangkat TV yang digunakan, pemasangan kabel, dan jarak antara tempat tinggal dengan pemancar sinyal siaran digital.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest