Follow Us

Gokil! Siswa SD Berusia 12 Tahun ini Berhasil Kalahkan GothamChess!

Martinus Aditama - Senin, 29 Maret 2021 | 13:49
Sosok bocah berusia 12 tahun, Satria Duta Cahaya, yang berhasil mengalahkan GothamChess di pertandingan catur online Chess.com tahun 2020 yang lalu.
Instagram/aarsumardiono

Sosok bocah berusia 12 tahun, Satria Duta Cahaya, yang berhasil mengalahkan GothamChess di pertandingan catur online Chess.com tahun 2020 yang lalu.

Nextren.com - Baru-baru ini, muncul sebuah fakta baru yang mengungkapkan bahwa GothamChess ternyata pernah dikalahkan oleh seorang siswa SD asal Indonesia.

Siswa SD yang berhasil mengalahkan jawara catur online Chess.com tersebut adalah seorang pecatur cilik usia 12 tahun bernama Satria Duta Cahaya.

Dengan adanya fakta tersebut, hal ini berarti Dewa Kipas bukan satu-satunya orang asal Indonesia yang berhasil mengalahkan GothamChess di platform catur online Chess.com.

Baca Juga: Dewa Kipas Resmi Dianggap Curang Oleh Chess.com, Drama Berlanjut!

Nama Satria Duta Cahaya sendiri bukan sosok asing di dunia catur Indonesia, terutama di level junior.

Dirinya pernah mengikuti beberapa ajang dan turnamen catur, yang mana salah satunya merupakan turnamen catur internasional bernama Asian Junior Chess Chempionship (AJCC) tahun 2019.

Tidak hanya itu saja, saat ini, Satria dilatih langsung oleh International Master Anjas Novita di sekolah catur yang bernama SCUA.

Melihat bakat dan usaha yang telah ditempuh oleh Satria, maka kemenangan yang diraihnya ketika bertanding melawan GothamChess di Chess.com bukan merupakan sesuatu yang mustahil.

Lalu, bagaimana jalannya pertandingan antara GothamChess dan Satria? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Dalam pertandingan yang berlangsung sekitar bulan Agustus tahun 2020 lalu, Satria berhasil mengalahkan GothamChess hanya dalam tempo waktu 3 menit saja.

Menurut Chess.com, akurasi Satria yang menggunakan nama akun KnightDuta di pertandingan tersebut mencapai 80,5 persen dengan 0 blunder, sedangkan GothamChess hanya 78,2 saja dengan blunder sebanyak 3 kali.

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest