Follow Us

XL Axiata Merespon Gangguan 90 Persen Lebih Cepat Lewat AI dan Machine Learning

Wahyu Subyanto - Kamis, 21 Januari 2021 | 16:20
Pusat monitoring  Customer Experience & Service Operation Center  XL Axiata, Jakarta
way

Pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, Jakarta

Nextren.com - Saat ini di era digital, semua keluhan pelanggan sebuah perusahaan harus direspon dengan cepat.

Hal itu agar bisa memuaskan pengguna atau pelanggan yang sehari-hari memakai layanan perusahaan.

Maka operator seluler XL Axiata mulai menerapkan platform Zero Touch Operation termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC- Network Operation Center).

Hal itu untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan di tengah kompleksitas pengelolaan operasional dan jaringan yang terus meningkat.

Baca Juga: Flagship 5G Terbaru realme Dibekali Dimensity 1200 MediaTek

Dengan platform ini, XL Axiata bisa mempercepat proses deteksi terhadap ganguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan.

Jika gangguan bisa diketahui lebih awal, maka dampak gangguan, termasuk jumlah pelanggan yang terdampak, bisa diminimalisir.

Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan dalam media update secara virtual (21/1), “Penerapan platform Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital yang terus kami lakukan."

Menurut Yessie, sejak tahun 2019 mereka telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang operasi.

Selama ini, karena dilakukan secara manual, maka sebuah gangguan yang terjadi di lapangan baru bisa direspon dalam 30-50 menit.

Lewat platform ini, maka dalam 5 menit sudah bisa direspon dengan tepat apa gangguan yang terjadi dan lokasinya.

Artinya platform ini membuat waktu respon tim menjadi 90 persen lebih cepat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest