Follow Us

Aksi Perusakan 174 BTS dan NOC Palapa Ring Timur di Papua, Internet Putus

Wahyu Subyanto - Rabu, 20 Januari 2021 | 20:45
Perusakan BTS di Papua Timur
Palapa Timur

Perusakan BTS di Papua Timur

Nextren.com – Palapa Ring merupakan proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optic Nasional yang bertujuan untuk pemerataan akses pita lebar (Broadband) sepanjang 36.000 km.

Proyek ini terdiri atas 7 (tujuh) lingkar kecil serat optic yakni wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku.

Pembangunan jaringan serat optik nasional, yang akan menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Proyek Palapa Ring ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada (existing network) dengan jaringan baru (new network) di wilayah timur Indonesia (Palapa Ring-Timur).

Baca Juga: Internet WiFi dan Kuota Data yang Kita Pakai Melewati Jaringan Kabel Bawah Laut Puluhan Ribu KM

Palapa Ring-Timur ini dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari kabel bawah laut sejauh 3.850 km dan kabel darat sepanjang 600 KM dengan landing point sejumlah 15 titik di 21 kota/kabupaten.

Namun pembangunan proyek Palapa Ring Timur terus mengalami gangguan.

Aksi vandalisme pada proyek tol langit atau Palapa Ring Timur masih terus berlanjut hingga 2021.

Aksi pengerusakan dan pembakaran yang dilakukan oleh kelompok orang tidak dikenal mengakibatkan kerugian besar dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua.

Tidak hanya sampai disitu tetapi masyarakat pun ikut dirugikan karena kini internet kembali sulit diakses untuk beberapa waktu.

PT Palapa Timur Telematika (PTT) mengharapkan jaminan keamanan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI RI, Pimpinan Masyarakat setempat, dalam menjamin keamanan proyek Palapa Ring Timur kedepannya.

Pada 3 Januari 2021, Tower B4 dan B5 Palapa Ring Timur yang terletak di Ilaga mengalami insiden pembakaran oleh kelompok tidak dikenal.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest