Follow Us

Kredivo Buat Gerakan Literasi Keuangan Agar Milenial Kenal Financial

Zihan Fajrin - Rabu, 04 November 2020 | 19:43
Kredivo meluncurkan Generasi Djempolan.

Kredivo meluncurkan Generasi Djempolan.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Kredivo sebagai perusahaan yang berfokus pada bidang keuangan menginginkan sesuatu yang dapat membantu milenial.

Menurut Kredivo, milenial memerlukan pengetahuan tentang financial sejak dini, tidak hanya terbuka tentang teknologi.

Maka dari itu, Kredivo luncurkan Generasi Djempolan yang merupakan serangkaian gerakan literasi keuangan digital.

Generasi Djempolan juga diinisiasi karena masih adanya kesenjangan antara indeks literasi sebesar 38,03% dan inklusi keuangan sebesar 76,19% di Indonesia, hal ini juga membuat urgensi peningkatan literasi keuangan semakin krusial.

Selain itu, menurut Kredivo dengan adanya tren peningkatan keyakinan konsumen untuk bertransaksi digital dalam nominal besar, harus diimbangi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik terlebih di tengah situasi pemulihan ekonomi nasional ini.

Tren tersebut juga menyebutkan 85% didominasi oleh konsumen generasi Z dan milenial.

Kredivo melihat besarnya potensi dari generasi milenial untuk bisa lebih mengetahui soal keuangan, terlebih dukungan dari demografi generasi ini menunjukan sebuah kesempatan untuk menggerakkan roda ekonomi secara nasional.

Menurut Kredivo, ada tiga kriteria utama seseorang bisa menjadi Generasi Djempolan.

Pertama, dinamakan Set Priority yang artinya, orang tersebut mampu menentukan skala prioritas dan batasan dalam transaksi sesuai dengan kemampuan.

Lalu yang kedua merupakan Value Over Price, orang tersebut mampu memahami nilai tambah dan jangka panjang dari pengeluaran atau transaksi yang dilakukan.

Serta orang dimaksud Best of Both Worlds, bukan hanya piawai dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan sehari-hari tapi juga untuk meningkatkan kemampuan pengaturan keuangan mereka.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest