Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Kredivo sebagai perusahaan yang berfokus pada bidang keuangan menginginkan sesuatu yang dapat membantu milenial.
Menurut Kredivo, milenial memerlukan pengetahuan tentang financial sejak dini, tidak hanya terbuka tentang teknologi.
Maka dari itu, Kredivo luncurkan Generasi Djempolan yang merupakan serangkaian gerakan literasi keuangan digital.
Generasi Djempolan juga diinisiasi karena masih adanya kesenjangan antara indeks literasi sebesar 38,03% dan inklusi keuangan sebesar 76,19% di Indonesia, hal ini juga membuat urgensi peningkatan literasi keuangan semakin krusial.
- Baca Juga: 4 Cara Atur Keuangan Saat Pandemi Dari Kredivo yang Bisa Diikuti
- Baca Juga: Cara Bikin Instagram Stories Foto PlayStation 5, Bikin Iri Sahabat!
Tren tersebut juga menyebutkan 85% didominasi oleh konsumen generasi Z dan milenial.
Kredivo melihat besarnya potensi dari generasi milenial untuk bisa lebih mengetahui soal keuangan, terlebih dukungan dari demografi generasi ini menunjukan sebuah kesempatan untuk menggerakkan roda ekonomi secara nasional.
Menurut Kredivo, ada tiga kriteria utama seseorang bisa menjadi Generasi Djempolan.
Pertama, dinamakan Set Priority yang artinya, orang tersebut mampu menentukan skala prioritas dan batasan dalam transaksi sesuai dengan kemampuan.
Lalu yang kedua merupakan Value Over Price, orang tersebut mampu memahami nilai tambah dan jangka panjang dari pengeluaran atau transaksi yang dilakukan.
Serta orang dimaksud Best of Both Worlds, bukan hanya piawai dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan sehari-hari tapi juga untuk meningkatkan kemampuan pengaturan keuangan mereka.