Follow Us

Pengguna Twitter Ternyata Lebih Berani Belanja Online Selama Pandemi

Zihan Fajrin - Kamis, 08 Oktober 2020 | 19:38
Ini Dia 3 Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Main Twitter
as.com

Ini Dia 3 Alasan Kenapa Kita Harus Rajin Main Twitter

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Twitter merupakan sosial media yang memiliki banyak pengguna baik di Indonesia atau secara global.

Di tengah pandemi ini, platform seperti Twitter sangat dimanfaatkan UMKM untuk mendapat penghasilan.

Dari banyaknya pembicaraan mengenai akun yang berjualan dan berbelanja, Twitter mendapat sebuah temuan.

Data Twitter menunjukkan, bahwa percakapan tentang belanja meningkat sebanyak 60% sejak Maret 2020 jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Fitur Baru yang Permudah Follow Banyak Akun

Dilihat dari volume Tweet, orang-orang cenderung berbelanja secara online selama pandemi, sebanyak 89% orang yang menggunakan Twitter di Indonesia melakukan pembelian secara online pada Q1 2020.

Di Twitter, percakapan belanja online sangatlah beragam. Menurut data Brandwatch, 44% pengguna Twitter di Indonesia berbicara mengenai belanja pakaian atau aksesoris, makanan (40%), peralatan rumah serta elektronik (35%), perawatan diri (33%) dan tentang ponsel atau gawai (27%).

Selain itu, Twitter mencatat pertumbuhan kuat di Indonesia dengan volume Tweet sebesar 145.5% hingga Maret tahun ini dan dapat menjadi peluang bagi para brand untuk menerapkan strategi pemasaran jelang momen belanja tahun ini.

"Jumlah percakapan tentang belanja di Twitter justru lebih tinggi pada saat pandemi dibandingkan pada tanggal momen-momen belanja seperti 10.10, 11.11," ujar Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia via Google Meet hari ini (8/10).

Banyak orang datang ke Twitter untuk menemukan dan mencari rekomendasi tentang brand tertentu, melakukan review produk melalui utas, serta mendiskusikan produk yang sedang populer atau ramai dibicarakan.

Berbagai peristiwa di 2020 yang mengharuskan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sangatlah mempengaruhi perilaku konsumen di Indonesia termasuk dalam berbelanja.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest