Follow Us

Internet Gratis Super WiFi Disiapkan di Labuan Bajo di 23 Titik Lokasi

None - Rabu, 30 September 2020 | 14:00
Wifi
The Star, Kenya

Wifi

Nextren.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate, pada Kamis (25/9/2020) lalu mengatakan tengah membangun fasilitas Super WiFi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Terdapat 23 titik Super WiFi yang dibangun sebagai pilot project.

20 titik di antaranya sudah aktif, sementara 3 titik lainnya tengah dalam pemasangan.

Proyek ini melibatkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam membangun infrastruktur Super WiFi tersebut.

Baca Juga: Viral Aplikasi TrackView Penyadap Pacar, Diam-diam Bisa Akses Kamera Selfie dan Mikrofon

Kepala Divisi Infrastruktur Backbone Badan Akesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Feriandi Mirza mengatakan bahwa Super WiFi merupakan teknologi WiFi yang jangkauannya lebih luas dibandingkan WiFi konvensional.

Dalam hal ini, Super WiFi dapat menjangkau hingga 500 meter atau lebih, apabila tidak terhambat dengan penghalang apapun.

"Kalau WiFi yang pada umumnya mungkin hanya bisa menjangkau sekitar 50 meter secara optimal, dengan Super WiFi bisa sampai 500 meter," ungkap Mirza kepada KompasTekno, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Hape Sejutaan Samsung Galaxy A01 Core, A01, dan A11 Berikan Kuota Internet hingga 48GB setahun untuk Belajar Dari Rumah

Lebih lanjut, Mirza mengatakan bahwa kapasitas penggunaan Super WiFi bergantung pada jumlah kapasitas maksimal dari backhaul yang tersedia.

Sebagai informasi, backhaul adalah jaringan perantara yang menghubungkan backbone (jaringan utama) dengan pemancar.

"Kapasitas penggunaannya tergantung kapasitas backhaul. Semakin besar kapasitas backhaul-nya, maksimal penggunaannya juga akan naik," tutur Mirza.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest