Follow Us

Robot Pembasmi Corona Militer Amerika Ini Dipersenjatai Sinar UV Kuat

Wahyu Subyanto - Selasa, 28 April 2020 | 16:00
Robot pembasmi corona dengan UV
Military.com

Robot pembasmi corona dengan UV

Nextren.com - Sebuah perusahaan di Amerika menciptakan robot yang memiliki sistem desinfeksi untuk membunuh virus corona di ruang tertutup dengan sinar ultraviolet.

Ralph Petroff, bos Marathon Target Amerika Utara, mengatakan bahwa robot otonom beroda empatnya kokoh dan bisa mengubah pekerjaan desinfeksi ruang barak atau ruang makan lebih efisien.

Robot itu bisa berjalan otomatis tanpa menabrak sesuatu di dalam ruangan, dan di atasnya dipasang panel sinar UV yang kuat untuk membunuh virus.

Seperti dilansir dari situs Military, biasanya pekerjaan disinfeksi ruangan harus dilakukan petugas berpakaian HAZMAT, maka dengan robot ini semuanya bisa dilakukan otomatis tanpa manusia.

Baca Juga: Begini Sepinya Langit Indonesia di Situs Flightradar24, Biasanya 1200 Penerbangan Sehari

Sebenarnya robot ini dibuat sebagai sasaran tembak yang bisa bergerak, namun jika dibutuhkan untuk membunuh virus corona, maka itu bisa dilakukan.

Robot ini bisa dipasang panel disinfektan UV hanya dalam hitungan jam.

Beberapa instalasi militer telah menyatakan minatnya untuk melihat kemampuan yang diperlihatkan, katanya, meskipun ia meminta agar pangkalan tidak disebutkan namanya karena masalah-masalah itu sudah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: Robot Kebal Virus dan Anti Lelah di Italia Ikut Bantu Staf Medis Merawat Pasien Covid-19

Menurut spesifikasi produk dari Marathon, robot ini mampu memancarkan sekitar 110 watt lewat pancaran UV vertikal yang bentuknya mirip lampu neon.

Perlu waktu lebih dari satu menit untuk mendisinfeksi permukaan dengan robot dari jarak 60 cm, atau jika lebih jauh dari jarak 1,5 meter perlu waktu 6,5 menit.

Secara ilmiah memang belum jelas tentang berapa banyak daya UV yang diperlukan untuk membunuh virus corona baru.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest