Follow Us

Aplikasi PeduliLindungi Yang Bisa Melacak Covid19 Tersedia Minggu Depan

Fahmi Bagas - Sabtu, 28 Maret 2020 | 17:30
Menkominfo Johnny G. Plate saat melakukan konferensi pers melalui video live streaminng
Youtube /Kemkominfo Tv

Menkominfo Johnny G. Plate saat melakukan konferensi pers melalui video live streaminng

Nextren.com - Kemenkominfo sebagai lembaga pemerintah yang mengawasi penyebaran informasi terkait Covid-19 di Indonesia.

Diketahui bahwa hingga saat ini masih banyak terjadi disinformasi di berbagai platform media sosial.

Johnny G. Plate pada pekan lalu juga sempat mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha untuk membantu Kemenkes dan BNPB untuk menekan angka penyebaran pasien positif Covid-19.

Saat ini, mengutip data situs resmi Covid.Kemkes.go.id, diketahui bahwa sudah ada 1.046 orang yang terjangkit virus Corona dengan dominasi pengidapnya berada di pulau Jawa.

Baca Juga: Kemenkominfo Kolaborasi dengan 6 Startup Tingkatkan Pelayanan Warga Terkait Virus Corona

Maka dari itu, Kamis lalu (26/2) melalui video live streaming bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan kerjasama terpadu dengan beberapa pihak terkait.

Lebih jelasnya, Johnny G. Plate mengatakan bahwa kerjasama tersebut dijalin dengan Kemenkes, BNPB, dan operator seluler Indonesia.

Dengan adanya upaya tersebut, Kominfo juga menyatakan bahwa ada aplikasi terbaru yang bisa digunakan untuk tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), dan fencing (pengurungan) Covid-19.

Aplikasi tersebut awalnya disebut oleh Menteri Johnny bernama Trace Together seperti yang dimiliki oleh Singapura dalam upaya penanganan kasus serupa.

Namun, hal tersebut sebuah kekeliruan karena menurut pengakuannya, aplikasi ini telah berganti nama menjadi PeduliLindungi.

Pergantian nama ini dikatakan oleh Johnny sebagai bentuk penegasan bahwa aplikasi tersebut tidak sama dengan Trace Together milik Pemerintah Singapura.

"Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dibuat oleh developer Indonesia dan tidak dibeli dari Singapura" tutur Johnny G. Plate, seperti yang dikutip dari TeknoKompas.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest