Follow Us

Rumah Belajar, Aplikasi Gratis Kemendikbud Untuk Belajar di Rumah

Zihan Fajrin - Senin, 16 Maret 2020 | 19:15
Ilustrasi anak belajar di rumah secara online
freepik

Ilustrasi anak belajar di rumah secara online

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Kemendikbud turut bertanggung jawab akan diliburkannya sekolah untuk beberapa minggu kedepan terkait virus Corona.

Walaupun begitu bukan berarti para siswa tidak diharuskan belajar, melainkan siswa tetap belajar dengan akses secara online.

Saat ini, Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar.

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Baca Juga: Kemendikbud Siapkan Aplikasi Android dan Portal Belajar Jarak Jauh, Cegah Sebaran Covid-19 di Sekolah

Pada fitur Sumber Belajar, pengguna dapat memilih jenjang pendidikan saat ini, seperti SLB, Default, PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Default sepertinya diperuntukan bagi pengguna yang ingin atau sedang skripsi karena logo dari pilihan tersebut menunjukan topi Toga yang identik dengan kelulusan universitas.

Setelah memilih jenjang pendidikan, pengguna diharuskan memilih kelas, jika sudah maka aplikasi akan menunjukan pilihan mata pelajaran.

Mata pelajaran yang dihadirkan berdasarkan Kemendikbud, untuk kelas 12 SMA mata pelajaran yang tersedia dari Akutansi untuk kelas IPS hingga Biologi untuk kelas IPA dihadirkan.

Baca Juga: 8 Aplikasi E-Learning Gratis Untuk Siswa yang Libur Sekolah karena Virus Corona

Beberapa mata pelajaran ketika wartawan Nextren mencoba aplikasi Rumah Belajar, masih belum lengkap pembelajarannya dari topik hingga konten.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest