Follow Us

Gara-gara Streaming Video, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16 Persen

Zihan Fajrin - Senin, 06 Januari 2020 | 15:50
Menonton YouTube di Galaxy Fold dalm posisi layar terbuka penuh
way

Menonton YouTube di Galaxy Fold dalm posisi layar terbuka penuh

Nextren.com - Setelah menyediakan jaringan yang stabil untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2020, Telkomsel kembali mengumumkan keberhasilannya dalam melayani kebutuhan pelanggan pada momen tersebut.

Sebelumnya, perusahaan telekomunikasi tersebut menyediakan 82 unit compact mobile base system (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat.

Dikatakan pada momen pergantian Tahun, trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 23.9 petabyte atau meningkat sekitar 16% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019.

Wilayah yang mengalami kenaikan trafik layanan data ialah Sumatera Utara dan Bali termasuk kepulauan Nusa Tenggara dengan peningkatan sekitar 24% dan 23% dibandingkan hari normal.

Baca Juga: Kini Kreator TikTok Punya Rekomendasi Daerah Liburan Untuk Kamu

Diikuti daerah Papua dan Maluku 23% dan Jawa Tengah 21%.

Trafik layanan data mengalami peningkatan karena tiga faktor yaitu aktivitas layanan streaming video, penggunaan sosial media, dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengatakan streaming video terbanyak mengunakan smartphone dan tablet.

Pengguna menggunakan layanan sosial media mencapai sekitar 36%, sedangkan untuk layanan streaming video kontribusinya sekitar 26%, dan untuk aplikasi pesan instan berkontribusi sekitar 17% untuk penggunaan layanan data.

Baca Juga: Trafik Data XL Axiata Saat Natal dan Tahun Baru 2020 Naik Hingga 77% , Lonjakan Tertinggi di Malang

Adapun layanan suara dan SMS ada yang mengalami penurunan dari hari normal.

Trafik layanan suara mengalami penurun hingga 3% menjadi 1.12 miliar menit dan trafik layanan SMS masih meningkat 9% menjadi 595 juta SMS.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest