Follow Us

Targetkan Daerah Terpencil Bisa Internetan 10 Mbps, Indonesia Siap Jadi Negara Digital

Wahyu Subyanto - Rabu, 27 November 2019 | 08:05
BTS Operator
kompas

BTS Operator

Nextren.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan Indonesia siap menjadi negara digital pada tahun 2035.

Hal ini berkat pembangunan infrastruktur telekomunikasi besar-besaran yang telah dilakukan.

Menurutnya, banyak provinsi, kabupaten, dan kota yang sebelumnya terbelakang kini telah mendapat manfaat dari berfungsinya ponsel dan akses pitalebar.

“Pada 2024 nanti, daerah-daerah terpencil di seluruh jajaran kepulauan ini akan mendapat manfaat dari internet kecepatan tinggi 10 megabit per detik."

"Pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi besar-besaran inilah yang akan menjadikan negara kami siap menjadi negara digital pada tahun 2035," kata Menteri Kominfo dalam sesi Digital Ministers Meeting pada Internet Governance Forum 2019 di Berlin, Jerman, Senin (25/11/19).

Baca Juga: Satelit Nusantara Satu Berkapasitas Internet 15 Gbps Sukses Meluncur Jangkau Wilayah Terpencil Indonesia

Lebih lanjut Menteri Johnny menjelaskan dalam situs resmi Kominfo, pengalaman Indonesia menggelar transformasi digital relatif lebih menantang dibanding negara lain, di tengah tantangan berat alam kepulauan dan kependudukan Indonesia.

“Dalam konteks geografis yang menantang itu, Presiden Joko Widodo menegaskan untuk membangun dengan cara Indonesia-sentris, artinya tidak ada lagi daerah atau pelosok yang dianaktirikan."

"Presiden kami telah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai pusat dari agendanya. Tidak hanya membangun pelabuhan, jalan tol, atau bandara baru, kami juga membangun jaringan serat optik, satelit multifungsi, dan base transceiver station (BTS) di seantero wilayah negeri," paparnya.

Baca Juga: Upaya Hadirkan Internet 4G di Desa Terpencil ala Operator 4G Net1

Proyeksi menjadi negara digital ini juga atas pertimbangan bahwa selama ini Indonesia telah menjadi salah satu negara besar dalam hal internet, terutama partisipasi di media sosial.

Dengan basis pengguna internet sebanyak 150 juta orang, Menteri Kominfo menyatakan Indonesia telah menjadi mesin digital Asia Tenggara.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest