Follow Us

Teknologi Membawa Petaka, Penyebab Garuda Indonesia Delay Parah

Kama - Senin, 04 Desember 2017 | 14:44
Penyebab mengapa Garuda Indonesia mengalami delay parah di long weekend kemarin
Videobloks

Penyebab mengapa Garuda Indonesia mengalami delay parah di long weekend kemarin

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id – Pada akhir pekan lalu yang kebetulan merupakan long weekend ini, terjadi kekacauan di bandara. Pesawat yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia mengalami keterlambatan atau delay.

Tidak main-main, keterlambatan ini terjadi di hampir seluruh bandara yang melayani pesawat dari maskapai utama dari Indonesia ini.

(BACA: Sistem Android Oreo Terpasang, Begini Tampilan Asus Zenfone 3)

Bahkan ada beberapa penerbangan yang dibatalkan, setelah berkali-kali mengalami keterlambatan.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan bahwa penyebab keterlambatan tersebut akibat cuaca buruk dan erupsi Gunung Agung di Bali.

Tapi apakah benar demikian?

Tim Nextren melakukan wawancara dengan beberapa pilot Garuda dan petugas bandara yang menangani maskapai Garuda Indonesia.

Hasilnya, orang-orang yang keberatan disebut namanya ini menyebutkan bahwa penyebab keterlambatan tersebut adalah akibat dari bergantinya sistem internal yang digunakan Garuda.

Sebuah maskapai kelas Internasional, umumnya menggunakan sistem komputer khusus untuk membuat perencanaan jadwal kerja kru seperti pilot, kru kabin, sampai dengan kru darat. Termasuk untuk mengatur keberadaan pesawat.

Sistem komputer ini biasanya dibuat oleh pihak ketiga yang disewa oleh maskapai tersebut. Operasional dari maskapai itu akan sangat tergantung pada sistem yang berjalan.

Editor : Kama

Latest