Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Catatan E-Commerce Indonesia Kuartal 2 2019: Shopee Salip BukaLapak

Nicolaus Prama - Kamis, 19 September 2019 | 18:02
Berikut data e-commerce Indonesia pada kuartal kedua 2019
techinasia.com

Berikut data e-commerce Indonesia pada kuartal kedua 2019

Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama

Nextren.com – Apa jawabanmu jika ditanya kira-kira e-commerce apa yang paling banyak dikunjungi?

Tentu akan ada beragam jawaban, mulai dari Tokopedia, BukaLapak, hingga Lazada.

Tetapi, tahukah kamu bahwa di kuartal kedua 2019 terjadi peningkatan performa sebuah e-commerce dan mampu mengalahkan pemain lama?

Baca Juga: Saingi TIKI JNE Melayani E-Commerce, PT Pos Indonesia Rilis Sameday Service dan Aplikasi PosGiro Mobile

Dari data iPrice menunjukkan ada sekitar 50 e-commerce yang aktif di Indonesia.

Menariknya, dari 50 toko online tersebut, hanya ada 2 e-commerce yang masuk dalam kategori unicorn: Tokopedia dan BukaLapak.

Selama 6 kuartal terakhir sejak 2018, 5 besar e-commerce selalu diisi oleh pemain-pemain lama.

Sebut saja Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Blibli, dan Shopee.

Namun pada kuartal kedua 2019 terjadi perebutan posisi kedua yang cukup ketat.

Shopee yang selama 2 tahun belakangan naik turun di posisi 3,4, dan 5 sukses menggusur BukaLapak di posisi kedua.

Capaian e-commerce pada kuartal kedua 2019
iprice.com

Capaian e-commerce pada kuartal kedua 2019

Shopee mencatat pengunjung web sebanyak 90,7 juta setiap bulan, sementara BukaLapak hanya berbeda tipis, 89,7 juta pengunjung per bulan.

Padahal hingga kuartal pertama 2018, BukaLapak selalu berada di posisi kedua membuntuti Tokopedia.

Capaian e-commerce Indonesia kuartal pertama 2019
iprice.com

Capaian e-commerce Indonesia kuartal pertama 2019

Pada kuartal kedua 2019 Tokopedia memiliki catatan pengunjun bulanan sangat tinggi, 140,4 juta pengunjung.

Jika melihat data, kesuksesan Shopee tak lepas dari engage media sosial yang dilakukannya.

Sebab, tercatat Shopee memiliki jumlah follower tertinggi hingga kuartal kedua 2019: 2,6 juta followers.

Tak hanya itu, Shopee juga mencatat menempati ranking 1 di App Store dan Play Store untuk kategori e-commerce.

Jumlah followers Shopee telah mencapai 2,9 juta

Jumlah followers Shopee telah mencapai 2,9 juta

Tokopedia yang memiliki jumlah pengunjung tertinggi tidak memiliki data spesial pada media sosialnya.

Tokopedia tercatat hanya memiliki 205 ribu follower di Twitter, 1,2 juta followers di Instagram, dan 6,1 juta followers di Facebook.

Baca Juga: Bukalapak Minta Maaf Aplikasinya Hilang dari PlayStore, Kapan Aktif Lagi?

Dari 5 besar e-commerce, Blibli mencatat jumlah followers terbanyak di Twitter dengan 485 ribu.

Sementara jumlah followers terbanyak di Facebook dipegang oleh Lazada yang menempati posisi 4.

BukaLapak sepertinya tengah alami krisis di dalam perusahaan.

Pekan lalu muncul kabar bahwa BukaLapak tengah merencanakan perumahan para karyawannya.

Pada hari Kamis, (19/9/2019) aplikasi BukaLapak sempat hilang dari Play Store.

(*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x