PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan layanan Q9, yakni sameday service alias pengiriman cepat dalam satu hari sampai.
Layanan ini untuk mendukung bisnis online yang terus berkembang di Indonesia.
"Ini adalah layanan untuk para pebisnis online, layanan ini memanjakan seller dan buyers, karena layanan ini memiliki fitur baru," kata Kepala Regional IV PT Pos Indonesia Oni Hadiono di Kantor Pos Pusat Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019).
Menurut dia, layanan tersebut untuk mendukung para pengusaha kecil hingga besar dalam menjalankan usahanya.
Baca Juga: Rencana Besar Grab Gabungkan OVO dan DANA Untuk Kalahkan GoPay
Layanan pengiriman barang satu hari sampai saat ini masih khusus pada Pulau Jawa dan ibu kota provinsi di luar Pulau Jawa dengan batasan maksimal 9 jam. Sementara batas akhir pengiriman untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 waktu setempat.
Tarif kiriman Q9 dihitung per kilogram, dengan tingkat berat maksimal paket lima kilogram.
Biaya per kilogram untuk tarif dalam kota adalah Rp 17.000, dan maksimal beban barang sebanyak lima kilogram.
Baca Juga: Grab dan Gojek Bersaing Pada Pasar Pengiriman Makanan? Ini Infonya
Adapun keunggulan yang ditawarkan layanan Q9 adalah layanan loket-loket Kantor Pos dan AgenPos Q9 menyediakan jemput kiriman paket.
Kemudian hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama.
Selain itu Q9 juga membuka layanan COD atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim, dengan dilengkapi aplikasi pembayaran PosGiro Mobile.
Selanjutnya, terdapat notifikasi pengiriman barang dalam setiap transaksi pengiriman, sehingga bisa terpantau.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dukung Bisnis Online, Pos Indonesia Luncurkan Sameday Service"