Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama
Nextren.com – Apa jawabanmu jika ditanya kira-kira e-commerce apa yang paling banyak dikunjungi?
Tentu akan ada beragam jawaban, mulai dari Tokopedia, BukaLapak, hingga Lazada.
Tetapi, tahukah kamu bahwa di kuartal kedua 2019 terjadi peningkatan performa sebuah e-commerce dan mampu mengalahkan pemain lama?
Dari data iPrice menunjukkan ada sekitar 50 e-commerce yang aktif di Indonesia.
Menariknya, dari 50 toko online tersebut, hanya ada 2 e-commerce yang masuk dalam kategori unicorn: Tokopedia dan BukaLapak.
Selama 6 kuartal terakhir sejak 2018, 5 besar e-commerce selalu diisi oleh pemain-pemain lama.
Sebut saja Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Blibli, dan Shopee.
Namun pada kuartal kedua 2019 terjadi perebutan posisi kedua yang cukup ketat.
Shopee yang selama 2 tahun belakangan naik turun di posisi 3,4, dan 5 sukses menggusur BukaLapak di posisi kedua.