Follow Us

Tak Ada Lagi Colokan Audio 3,5mm di Galaxy Note 10, Ternyata Ini Alasan

None - Jumat, 09 Agustus 2019 | 18:45
Galaxy Note10 warna Aura Black
Samsung

Galaxy Note10 warna Aura Black

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus pada hari Kamis (8/8/2019) dini hari tadi waktu Indonesia.

Meski bertabur fitur baru, ada sesuatu yang menghilang dari kedua ponsel, yakni port jack audio 3,5mm. Padahal, ponsel flagship Samsung sebelumnya selalu menghadirkan konektor tersebut.

Sebenarnya, tanda-tanda dihapusnya port audio 3,5mm dari Galaxy Note 10 sebenarnya sudah terendus sejak lama. Hal ini bisa dilihat dari ponsel menengah Galaxy A80 keluaran 2019 yang tak lagi memiliki konektor tersebut.

Lantas apa alasan Samsung melenyapkan port audio 3,5mm dari dua ponsel high-end teranyar besutannya?

Baca Juga: Enaknya Jadi Raditya Dika, Minta Laptop ke Asus Untuk Editing Dikasih Spek Wow Banget

Alasan Samsung Buang Lubang Colokan Earphone di Galaxy Note 10

Alasan Samsung Buang Lubang Colokan Earphone di Galaxy Note 10

Head of Product Management, IT & Mobile Business Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan sebabnya berkaitan dengan kualitas suara.

"Jack 3,5 mm menggunakan sinyal analog, jadi keluarannya (output) cuma audio. Kalau pakai USB Type-C bisa audio dan power," kata Denny di sesi acara Galaxy Unpacked di New York, AS.

Menurut Denny, dengan memakai USB type-C, fitur-fitur pendukung kualitas suara seperti noise cancellation bisa lebih dimaksimalkan. Sinyal audio yang disalurkan pun bersifat digital, bukan analog seperti jack 3,5mm.

"Hasilnya lebih maksimal karena keluarannya memakai sinyal digital," imbuh denny.

Baca Juga: Amazon Berencana Kirim Paket Lewat Drone MK27, Bisa Sampai Kurang Dari 30 Menit

Kendati demikian, pengguna yang kadung memiliki earphone/ headset andalan dengan konektor 3,5mm tetap bisa menancapkan perangkat tersebut ke Galaxy Note 10 dan Note 10+ dengan bantuan dongle USB type-C ke analog 3,5mm.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest