Follow Us

Persaingan Tak Hanya di Smartphone, Mobil Samsung vs Mobil Xiaomi Bagus Mana?

Wahyu Subyanto - Kamis, 11 April 2019 | 15:21
Renault Samsung XM3 sisi belakang
samsung

Renault Samsung XM3 sisi belakang

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.

Nextren.com - Seperti kita ketahui, di industri smartphone, Samsung dan Xiaomi bersaing keras dengan stratgei masing-masing.Namun di benak konsumen, Xiaomi sudah kadung menancap sebagai produk kelas terjangkau, sedangkan Samsung dianggap lebih premium.Tak heran jika hingga saat ini, produk smartphone Samsung masih berjaya jauh di atas Xiaomi.Namun di industri otomotif, Samsung dan Xiaomi masih sama-sama pemula, sama-sama dalam proses belajar.

Baca Juga : NVIDIA Masuk Industri Otomotif, Kembangkan Sistem Kendali Mobil OtomatisYa benar, ternyata Samsung dan Xiaomi sudah mulai melebarkan sayap produknya ke mobil.Baru-baru ini, Samsung telah bekerja sama dengan pabrikan mobil Renault.Mereka meluncurkan SUV terbaru di Seoul Motor Show (30/3/2019), dengan nama Renault Samsung XM3.Mobil ini merupakan kembaran dari Renault Arkana yang dipasarkan di Rusia.

Baca Juga : Teknologi Baru Tesla, Mencari Pemilik Kendaraan Secara Otomatis

Memang, mobil Renault Samsung XM3 ini bukan mobil pertama Samsung. Samsung ternyata sudah mulai menjual mobil di Korea Selatan mulai 1998.Namun sayangnya harus terhenti karena dampak krisis ekonomi Asia, yang saat itu juga diderita Indonesia.Akhirnya, Renault membeli sebagian besar saham Samsung di perusahaan itu.

Baca Juga : Cara Mudah Ketahui Semua Rute dan Jadwal Kendaraan Umum

Mobil Samsung vs mobil Xiaomi Redmi
Digitalphablet

Mobil Samsung vs mobil Xiaomi Redmi

Seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, maka tak ada perbedaan berarti antara Renault Arkana dan Renault Samsung XM3.Yang jelas, logo Renault diganti menjadi logo Renault Samsung. Mobil Renault Samsung XM3 ini terinspirasi dari desain kendaraan coupe yang modern namun dengan ground clearence tinggi khas SUV. Dalam edisi perkenalan, model ini tampil dengan warna putih, pelek 19 inci serta headlamp LED dengan DRL.

Baca Juga : Sering Lupa Tempat Parkir Kendaraanmu? Coba Gunakan Aplikasi Ini!

Dikabarkan, Renault Samsung XM3 akan menjadi inspirasi produk Samsung Renault di masa depan. Rencananya, Renault Samsung XM3 hanya akan ditawarkan di pasar Korea Selatan dan secara resmi tahun 2020 nanti.Sayangnya belum ada spesifikasi lebih detil untuk Renault Samsung XM3 ini.Namun jika disamakan dengan Renault Ankara, maka panjang mobil ini adalah 4500mm, dengan mesin 1.3 Turbo racikan Renault dan Mercedes.

Baca Juga : Kamu Penasaran Mau Cek Pajak Kendaraan? Cukup Pakai Aplikasi Ini

Xiaomi Redmi CarBagaimana dengan mobil Xiaomi?Seperti dilansir dari Digitalphablet, Xiaomi telah meluncurkan Xiaomi Redmi Car, yang merupakan versi terbaik dari SUV Bestune T77. Mobil baru Xiaomi ini bakal dibandrol seharga 89.800 Yuan atau sekitar Rp 190 juta saja.

Xiaomi Redmi Car, sisi belakang
xiaomi

Xiaomi Redmi Car, sisi belakang

Penggemar Xiaomi tampak gembira saat Xiaomi meluncurkan mobil pertamanya yang bermitra dengan Bestune, yang diumumkan di media sosial China, Weibo.Bestune T77 SUV adalah mobil Xiaomi Redmi yang telah dikustomisasi dan diluncurkan pada 3 April.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest