Follow Us

Peneliti Berhasil Membangun Sel Buatan Yang Mirip Seperti Sel Alami

David Novan Buana - Minggu, 20 Januari 2019 | 20:34
Peneliti berhasil membuat sel artifisial yang memiliki sifat seperti layaknya sel alami yang diproduksi tubuh.
medicalnewstoday.com

Peneliti berhasil membuat sel artifisial yang memiliki sifat seperti layaknya sel alami yang diproduksi tubuh.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Sel adalah bagian terpenting di dalam tubuh makhluk hidup, karena dari sanalah bentuk dan beragam fungsi tubuh lainnya bisa bekerja sebagaimana adanya.

Selama ini, sel adalah bagian yang paling sulit untuk ditiru oleh peneliti, karena ukurannya yang kecil dan juga kompleksitasnya, terutama karena adanya DNA dan RNA di sana.

Sampai peneliti dari Technical University of Munich (TUM) berhasil membuat sel artifisial yang dibangun dari dasar, dan secara mengejutkan memiliki sifat sebagaimana layaknya sel alami.

Baca Juga : Cara Mengubah Sel Kanker Menjadi Sel Lemak Ditemukan Peneliti Swiss

Sifat alami yang ada di dalam sel buatan tersebut adalah adanya kemampuan untuk berkomunikasi dengan sel lain.

Menurut Friedrich Simmel dan Aurore Dupin, peneliti di TUM yang membuatnya, sel yang terpisah oleh membran lemak tersebut mampu berkomunikasi dengan sel lain melalui molekul kimia.

Adanya komunikasi tersebut membuka jalan untuk dihasilkannya reaksi lebih kompleks, seperti produksi RNA dan protein lainnya.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, RNA adalah media komunikasi di dalam sel untuk berbagi informasi DNA ke sel lain, supaya semua sel di dalam tubuh memiliki kesamaan.

Adanya kerusakan informasi yang dibawa oleh RNA dapat berakibat fatal, seperti misalnya kanker, cacat bawaan, dan juga penyakit berbahaya seperti HIV AIDS.

Keberhasilan peneliti ini dalam membuat sel di dalam labratorium untuk menirukan sel alami yang diproduksi oleh makhluk hidup membuka beragam potensi.

Karena artinya peneliti kini punya alat dasar yang bisa digunakan untuk membangun sendiri organisme multi seluler, yang pada akhirnya akan berujung pada membuat makhluk hidup.

Source : Slashdot

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest