Follow Us

Diajak AS Boikot Huawei, Jerman Menolak Karena Alasan Kuat Ini

David Novan Buana - Selasa, 18 Desember 2018 | 21:15
Huawei
freemalaysiatoday.com

Huawei

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Gelombang boikot Huawei yang dipelopori oleh Amerika Serikat dan telah diikuti oleh Australia, Selandia Baru, dan baru-baru ini Jepang, ternyata tidak disetujui oleh Jerman.

Menurut laporan terbaru dari kantor surat kabat mingguan Spiegel, pemerintah Jerman menolak untuk ikut serta membuat tembok pembatas yang menahan masuknya produk perusahaan teknologi raksasa dari China tersebut.

Alasannya juga sederhana sekali, pemerintah Jerman masih tidak menemukan adanya bukti dari tuduhan Amerika Serikat terhadap produk dari Huawei.

Baca Juga : Huawei Tetap Kuat Meskipun Diboikot Oleh Amerika Serikat Dan Sekutunya

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat menuduh Huawei menyusupkan chip yang berguna untuk memata-matai komunikasi yang dilakukan di perangkatnya.

Karena dianggap sebagai ancaman keamanan cyber yang sangat serius, akhirnya setelah kontroversi mengenai kebenaran adanya chip tersebut di kongres Amerika Serikat, pemerintah negara adidaya tersebut mengambil langkah menolak masuknya produk Huawei.

Tidak sampai di situ saja, Amerika juga mendesak negara lain, terutama negara sekutunya untuk ikut serta menolak produk dari perusahaan asal China ini.

Menanggapi desakan tersebut, Arne Schoenbohm selaku kepala dari Germany Federal Office for Information Security menyatakan untuk melakukan tindakan serius seperti itu, dibutuhkan bukti yang kuat.

Hingga saat ini, pihaknya tidak menemukan adanya chip yang diklaim sebagai alat spionase untuk mengirimkan data ke Beijing.

Bukan hanya pihak pemerintah saja yang menyatakan demikian, eksekutif perusahaan telekomunikasi di negara tersebut juga tidak menemukan buktinya.

Entah tuduhan tersebut hanya sekedar langkah Amerika untuk melemahkan China dalam perang perdagangan antara kedua negara, masih belum bisa dipastikan.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest