Follow Us

Pesta Tahunan Apple, dari El Capitan hingga Music

Fatimah Kartini Bohang - Jumat, 12 Juni 2015 | 09:55
WWDC 2015
The Next Web

WWDC 2015

Konferensi tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) telah berlangsung, Senin (8/6/2015) di San Fransisco, AS. Pertemuan tahunan antara Apple dan para pengembang tersebut membahas rencana-rencana pengembangan software Apple ke depan.

Selama acara berlangsung, ada beberapa selentingan kabar yang terkonfirmasi. Adapula rumor-rumor baru yang menjadi teaser pengenalan sebuah aplikasi atau software. Berikut beberapa di antaranya.

1. OS X 10.11: El Capitan

OS El Capitan
The Next Web

OS El Capitan

Dalam ajang WWDC 2015 tersebut, Senior VP Software Engineering Craig Federighi mengatakan, lebih dari 50 persen pengguna aktif komputer Mac menggunakan OS Yosemite. Federighi sekaligus mengumumkan OS X teranyar yang dinamai El Capitan.

Fitur baru yang tersemat di dalamnya mencakup beberapa gestur. Misalnya, dengan menggoyang, pengguna dapat memperbesar ukuran mouse. Adapula ikon speaker pada browser yang berfungsi mematikan volume suara musik dari situs yang dikunjungi.

El Capitan juga memungkinkan penggunanya membagi layar untuk beberapa tab. Hal ini sama seperti yang dilakukan Windows 10. Untuk grafiknya, OS X 10.11 mengusung metal 3D. Ini diklaim bakal memberikan pengalaman bermain game yang lebih mumpuni.

OS teranyar ini tersedia untuk pengembang saat diperkenalkan di WWDC 2015. Versi beta untuk publik akan dirilis Juli mendatang. Sedangkan versi komersilnya direncanakan meluncur akhir tahun ini.

2. iOS 9

iOS 9
The Next Web

iOS 9

Sejak awal, Apple menegaskan bakal fokus menggodok iOS 9 untuk menjaga kestabilan dan keamanan perangkat. Namun, selain kedua hal tersebut, iOS 9 juga menawarkan peningkatan signifikan pada asisten personal Siri.

Tak lagi sekadar lucu-lucuan, kali ini Siri menjadi lebih fungsional. Siri bisa mengingatkan pengguna akan hal-hal yang kerap luput dari ingatan.

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest