Nextren.com - Meta, perusahaan induk Facebook mengumumkan akan memusatkan berbagai pengaturan pengguna dan privasi pada beberapa aplikasi.
Aplikasi tersebut adalah aplikasi anak perusahaan Meta seperti Facebook, Instagram dan Messenger.
Dengan begitu beberapa pengaturan akan dipindahkan pada fitur Pusat Akun Meta yang pertamakali diluncurkan pada tahun 2020.
Perubahan pengaturan pengguna dan privasi tersebut terkait dengan kata sandi, opsi keamanan, dan preferensi iklan.
Pengaturan-pengaturan tersebut dapat kamu akses dari halaman pengaturan di setiap aplikasi Facebook, Instagram dan Messenger.
Baca Juga: Google, Apple, Perusahaan Big Tech Lainnya Alami Kerugian di 2022
Dilansir dari Tech Crunch, Meta mengatakan pembaharuan ini bertujuan untuk membuat pengalaman pengaturan menjadi lebih mudah.
Dengan begitu pengguna tidak lagi perlu merubah satu-satu pada setiap aplikasi jika ingin melakukan pengaturan ulang.
Selain itu, dengan pembaharuan ini pengguna dapat lebih leluasa memilih penggunaan data mereka secara lebih konsisten di seluruh platform Meta.
Misalnya seperti pengaturan preferensi topik iklan yang dipilih pengguna akan seragam pada semua platform Meta.
Baca Juga: John Carmack Pelopor Virtual Reality Mengundurkan diri dari META, Ternyata Ini Alasannya
Pembaharuan ini mengikuti peluncuran perubahan privasi App Tracking Transparency (ATT) Apple di iOS yang mempengaruhi bisnis serta pendapatan iklan Meta
ATT memungkinkan kamu untuk memilih apakah suatu aplikasi dapat melacak aktivitas kamu di aplikasi itu sendiri dan situs web perusahaan lain.
Pelacakan tersebut ditujukan untuk tujuan periklanan atau berbagi data dengan pialang data lainnya.
Sejak saat itulah Meta mencari cara baru untuk mempersonalisasikan iklan untuk pengguna agar lebih efektif dan mendatang keuntungan untuk bisnis.
Pembaharuan ini mulai hari ini, namu secara keseluruhan pada semua aplikasi Facebook, Messenger and Instagram akan rilis beberapa bulan mendatang.