Kilas Balik Tren Belanja Masyarakat di Tokopedia Tahun 2022, Penjualan Naik 5x Lipat

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:30
Tokopedia

Gedung Tokopedia

Nextren.com - Selama tahun 2022 lalu, Tokopedia melakukan serangkaian inovasi agar penggunanya dapat lebih nyaman berbelanja online di aplikasinya.

Misalnya, pada Maret 2022, Tokopedia meluncurkan "Dilayani Tokopedia", dimana penjual memungkinkan untuk menitipkan produk di 'gudang pintar' pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat untuk produk seperti popok anak, sembako dan detergen.

Seiring dengan berjalannya waktu layanan tersebut juga semakin diminati oleh penjual-penjual di Tokopedia.

Tak tanggung-tanggung yang menggunakan "Dilayani Tokopedia" mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat.

Baca Juga: Tokopedia Hijau Resmi Diluncurkan, Gerakan UMKM Ramah Lingkungan

Selain itu layanan Tokopedia NOW juga mengalami peningkatan, dimana banyak konsumen yang membeli berbagai macam produk harian.

Produk harian seperti beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk paling laris di Tokopedia.

Bahkan pengguna layanan Tokopedia Now tercatat meningkat hingga lebih dari 10 kali lipat.

Kemudian Tokopedia tidak hanya melayani penjualan dan pembelian produk saja, tetapi juga melayani pembayaran jasa.

Misalnya, banyak juga masyakarat yang menggunakan layanan Tokopedia untuk membayar pajak.

Sepanjan tahun 2022 lalu juga, penerimaan negara, PBB dan E-samsat menjadi menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

Baca Juga: Kisah Pria Banten Raup 16 Juta Seminggu Lewat Komisi Link Jualan Tokopedia

Belakangan, selama tahun 2022 Tokopedia juga menangkap adanya tren social-commerce dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya.

Maka dari itu pada tahun 2022 Tokopedia juga meluncurkan layanan-layanan berbelanja dengan menggabungkan unsur sosial.

Salah satu tren social-commerce yang diwujudkan Tokopedia yaitu hadirnya kanal streaming video Tokopedia Play, untuk memungkinkan transaksi dengan live shopping.

Selain itu juga ada pula Tokopedia Affiliate, dimana penjual bisa memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial.

Selanjutnya ada fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.

Terkahir ada layanan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya