Tokopedia Hijau Resmi Diluncurkan, Gerakan UMKM Ramah Lingkungan

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:30
Zihan Fajrin

Gerakan Tokopedia Hijau untuk mencarik UMKM ramah lingkungan terbaik.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Tokopedia menghadirkan kampanye atau gerakan Tokopedia Hijau pada (14/12), sebagai upaya memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Gerakan Tokopedia Hijau ini bukan sekadar kampanye namun dijadikan sebuah kompetisi untuk mencari UMKM ramah lingkungan terpilih.

Dalam kampanye Tokopedia Hijau juga dihadirkan beberapa program lainnya yang diharapkan bisa membantu UMKM Indonesia berkembang.

Baca Juga: Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota Meningkat 147 Persen

Menurut data dari risetKemenkop UKM bersama United Nations Development Programme (UNDP) di 2021, dari 3.000 pelaku UMKM, 95% nya menunjukan minat terhadap praktik usaha ramah lingkungan.

Di Tokopedia sendiri terdapat 12 juta penjual dan diklaim hampir 100 persen UMKM.

"Ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM," ujarPublic Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan kepada media di Tokopedia Tower. (14/12)

Baca Juga: Harga HP Second Asus Zenfone 8 5G 8/128GB Desember 2022, Ringkas Tapi Ganas!

Tokopedia Hijau mengajak sebanyak-banyaknya penjual menerapkan prinsip ramah lingkungan demi bersama membangun bisnis berkelanjutan dan dapat berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan hidup, lewat berbagai program.

Program pertama ialah Edukasi Seller Hijau, terdapat modul komprehensif yang dibagikan oleh Tokopedia untuk memandu penjual memulai dan membangun bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya modul saja, terdapat webinar yang bisa diakses oleh penjual Tokopedia secara gratis.

Ada juga Program Inkubasi Seller Hijau yang terdiri dari serangkaian proses, seperti kelas intensifdan kampanye daring.

Program ini berguna untuk lebih memberdayakan penjual ramah lingkungan.

Program Inkubasi Seller Hijau melibatkan social enterprise The Local Enablers, untuk menyasar penjual dengan produk dan kemasan ramah lingkungan, serta usaha berkelanjutan yang berdampak pada sosial dan lingkungan.

Baca Juga: Harga HP Second OPPO A77s 8/128GB Desember 2022, Desain Keren Cuma 2 Jutaan

"Di Program Inkubasi Seller Hijau Tokopedia, kami berperan sebagai fasilitator untuk berbagi wawasan serta praktik terbaik dalam menerapkan prinsip ramah lingkungan bagi para pelaku UMKM," ujarPendiri The Local Enabler, Dr. Dwi Indra Purnomo.

Kompetisi tersebut berhadiah dana pembinaan Rp 100 juta, bagaimana syarat seller yang bisa menang?

Tokopedia menjelaskan bahwa yang bisa mendapatkan dana pembinaan ialah untuk tiga penjual ramah lingkungan terbaik dalam program Tokopedia Hijau.

Baca Juga: Kisah Pria Banten Raup 16 Juta Seminggu Lewat Komisi Link Jualan Tokopedia

Tiga Wilayah Pencari Barang Ramah Lingkungan

Dalam acara ini juga Tokopedia menyebutkan bahwa dari data perusahaanselama setahun ke belakang mencatat, bahwa Jabodetabek, Bandung dan Surabaya sebagai wilayah dengan jumlah pencarian produk ramah lingkungan paling banyak.

Ada pula peningkatan penjualan produk daur ulang sebesar hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia.

Penjualan produk tas lipat pakai ulang juga melonjak hampir 2,5 kali lipat.

Misi Nol Sampah GoTo 2030

Gerakan Tokopedia Hijau di sisi lain juga mengajak masyarakat berperan aktif menjaga lingkungan sebagai dukungan untuk Misi Nol Sampah GoTo 2030.

Masyarakat yang belanja lewat Tokopedia Hijau bisamengurangi sampah pasca konsumsi karena barang yang dikirim akan menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti paper wrap, kertas cacah, serat nanas dan alternatif lainnya.

Baca Juga: Harga HP Second Redmi Note 10s 8/128GB November 2022, RAM Jumbo 2 Jutaan!

Zihan Fajrin

Halaman Tokopedia Hijau bisa ditemukan di aplikasi Tokopedia.

Selain itu, untuk setiap pengguna yang bertransaksi melalui halaman Tokopedia Hijau selama 10-17 Desember 2022, Tokopedia akan menanam satu bibit pohon sebagai bentuk dukungan atas aksi pelestarian lingkungan.

Untuk informasi mengenai perkembangan penanaman pohon bisa kalian akses langsung juga pada halaman Tokopedia Hijau dengan cara mencari nama dengan keyword yang sama di aplikasi Tokopedia. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya