Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota Meningkat 147 Persen

Senin, 12 Desember 2022 | 20:00
Tokopedia

Gedung Tokopedia

Nextren.com -Tokopedia bersama dengan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) membuat sebuah riset yang berjudul "Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal".

Riset ini berfokus meneliti Hyperlocal Tokopedia dan kaitannya dengan perekonomian digital di berbagai daerah.

Hyperlocal Tokopedia sendiri adalah inisiatif untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di manapun berada.

Penjual Hyperlocal Tokopedia merupakan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM di seluruh penjuru Indonesia.

Kemudian, dalam riset tersebut ditemukan berbagai hal yang dapat membuktian kontribusi inisitif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

Baca Juga: Tren Belanja Tokopedia: Beli iPhone 14, TV Digital, Set Top Box Diskon!

Apa saja kontribusi tersebut?

Hyperlocal Dongkrak Penjualan dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Dalam riset tersebut ditemukan bahwa indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147% pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

Terdapat berbagai daerah yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi seperti kota Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Surabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194% dan 85%, Bandung 27% dan 100%, sedangkan Yogyakarta 148% dan 64%.

Dalam riset ini juga ditemukan bahwa rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021.

Hyperlocal Tokopedia Tahan Laju Peningkatan Pengangguran dan Kemiskinan

Dalam riset ditemukan bahwa kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14% dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal.

Surabaya, Semarang dan Medan menjadi kota dengan tingkat penurunan kemiskinan terbesar setelah adanya program Hyperlocal.

Baca Juga: Tokopedia START Elevate Kumpulkan Desainer Produk Agar Berkembang

Hyperlocal Perluas Penetrasi Penjual dan Pembeli di Berbagai Kota

Membandingkan data 2017-2019 dengan 2020-2021, Tokopedia dan INDEF mencatat, kota dengan peningkatan indeks jumlah penjual tertinggi, yaitu Surabaya 48%, Bandung 65%, dan Yogyakarta 67%.

Sedangkan kota dengan peningkatan indeks jumlah pembeli tertinggi mencakup Bandung 122%, Yogyakarta 142% dan Surabaya 154%.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto