Aplikasi PeduliLindungi Error, Coba Login Pakai Mode Pesawat

Rabu, 14 September 2022 | 11:45
Nextren

Ilustrasi scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi.

Nextren.com - Selama ini masyarakat harus memakai aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke tempat publik seperti mal dan gedung perkantoran.Aplikasi PeduliLindungi ini buatan Kementerian Kesehatan untuk tracing dan check-in ke berbagai tempat umum di masa pandemi Covid-19.Namun hari ini aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka pagi ini, Rabu (14/3/2022). Netizen di Twitter banyak yang mengeluh tidak bisa membuka aplikasi PeduliLindungi dan hanya bisa membuka tampilan awal aplikasi PeduliLindungi, tanpa bisa Login.Sebaliknya, mereka yang sudah Login mengaku akun PeduliLindunginya keluar (log out) sendiri, dan tida bisa Login kembali saat dicoba lagi.

Baca Juga: Data Pengguna PeduliLindungi Ternyata Tak Dienkripsi, Penyebab Gampang Bocor?Efeknya, terjadi penumpukan penumpang di stasiun KRL Commuter Line, karena calon penumpang tidak bisa login dan tak bisa memakai PeduliLindungi untuk scan barcode. Selain itu, sertifikat vaksin di PeduliLindungi juga tak bisa diakses.Akun Twitter @PLindungi, meminta maaf atas gangguan yang terjadi pada pagi hari ini, dan menyatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi error karena perbaikan di web dan aplikasi PeduliLindungi. "Tim teknis PeduliLindungi sedang melakukan perbaikan segera agar layanan aplikasi web dan aplikasi mobile dapat segera digunakan kembali," twit @PLindungi.Mode Pesawat untuk LoginSalah satu cara yang bisa dicoba adalah memakai fitur check-in offline, sehingga hape pengguna tidak perlu terhubung ke koneksi internet. Jika aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka karena koneksi internet jelek, maka coba mengaktifkan fitur check-in offline dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode).

Baca Juga: Cara Scan QR Code PeduliLindungi Tanpa Internet, Penting Saat Hilang SinyalDalam mode pesawat aktif, coba akses lagi aplikasi PeduliLindungi dan scan kode QR untuk check-in. Hasil scan akan memakai data terakhir check-in yang pernah dilakukan.

Cara ini juga bisa dicoba jika di lain waktu aplikasi PeduliLindungi bermasalah.Namun, cara login ke PeduliLindungi dengan mode pesawat seperti itu tidak menjamin bisa melakukan scan QR Code.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya