Review OPPO A96, HP Paling Cocok Buat Teman Ngabuburit dan Bukber di Kelas HP 4 Jutaan

Kamis, 07 April 2022 | 16:00
Bagus

OPPO A96 varian warna hitam

Nextren.com - Tidak perlu waktu yang lama, OPPO Indonesia kembali merilis HP terbaik dari seri A yang kali ini namanya hanya meneruskan dari seri sebelumnya saja yaitu A96.

OPPO A96 hadir hanya dalam waktu yang cukup dekat dengan pendahulunya yaitu A95 dengan beberapa upgrade yang menarik.

Dengan harga Rp 4.299.000, perangkat ini rasanya hampir sempurna di kelas HP 4 jutaan dengan speaker ganda dan layar dengan refresh rate tinggi.

Baca Juga: Hasil Kamera OPPO A96 Bikin Terkejut Sampai Bisa Foto Model Ala Profesional

Desain

OPPO A96 masih mengadopsi konsep OPPO Glow di panel belakangnya dengan lapisan matte yang halus.

Lapisan Oppo glow ini tidak meninggalkan bekas sidik jari dan diklaim tahan terhadap goresan dalam tingkatan tertentu.

bagus

Desain OPPO A96 dari belakang, triple slot sim card, bagian samping kanan, kiri, bawah, dan atas

Desain seperti ini memberikan kesan seperti memegang HP seri Reno, meskipun kita semua tahu bahwa HP ini merupakan bagian dari keluarga seri A.

Desain dari Oppo A96 ini juga memungkinkan perangkat mendapatkan sertifikasi IPX4 dan IP5X yang tahan terhadap cipratan air dan debu, sehingga cukup handal ketika kamu gunakan.

Bagi kamu yang senang dengan sentuhan HP yang lembut serta minim bekas sidik jari, Oppo A96 dapat menjadi referensi yang menarik.

Meskipun desain ini pada akhirnya tertutup oleh casing, sentuhan matte di OPPO A96 masih dapat dirasakan pada bagian tonjolan kameranya juga.

Baca Juga: Unboxing Kesan Pertama OPPO A96, HP Kelas Menengah Memori Gede dan Desain Cakep

Pengalaman Entertainment Maksimal

Jika kamu menjadikan OPPO A96 ini sebagai pusat hiburan dikala tengah menunggu jam berbuka atau perjalanan mudik, maka HP ini menjadi pilihan yang tepat.

OPPO A96 dilengkapi dengan sistem speaker ganda yang terletak di bagian bawah dan earpiece di atas.

Pengalaman audio dari HP ini akan terasa lebih seimbang dan immersive ketika sedang menonton video, bermain game, atau mengkonsumsi berbagai konten di media sosial.

bagus

Layar IPS 6.59 inci OPPO A96

Selain audio, visual OPPO A96 juga sangat menarik berkat layar dengan ukuran yang terbesar yang ada di A series yaitu 6.59 inci dengan resolusi FHD+.

Meskipun menggunakan panel IPS, refresh rate dari layarnya sudah mencapai 90Hz yang akan terasa smooth ketika browsing media sosial ataupun bermain game yang mendukung.

Dengan paduan layar yang besar, refresh rate yang tinggi, dan speaker ganda, OPPO A96 menawarkan paket lengkap untuk kamu yang sering kali skip waktu di media sosial.

On Terus

OPPO A96 memang memiliki ukuran yang besar, namun hal ini memang menjadi konsekuensi dari baterai yang memiliki ukuran 5000mAh.

Dengan paduan sistem software dan hardware, OPPO A96 memiliki tingkat konsumsi daya yang cukup irit.

Baca Juga: Menjelang kenaikan PPN 11%, OPPO Berkomitmen Tidak Naikkan Harga HP

Dalam pemakaian sehari-hari, OPPO A96 lebih dari cukup untuk menjadi teman yang handal dari pagi hingga malam atau bahkan keesokan paginya jika tidak dipakai bermain game.

Dalam pengetesan, OPPO A96 dapat menghabiskan baterai10% ketika menonton YouTube selama60 menit.

Sedangkan dalam skenario bermain game, OPPO A96 dapat menghabiskan baterai5% dalam waktu30 menit.

Lalu pada skenario mendengarkan musik menggunakan TWS bluetooth, hanya butuh baterai3% selama60 menit.

Dalam hal ketahanan baterai, OPPO A96 mendapatkan nilai excellent dari kami.

Dengan performa baterai yang irit, OPPO A96 masih dilengkapi dengan teknologi pengisian daya SuperVOOC 33W yang dapat mengisi baterai perangkat dengan cukup cepat.

bagus

Kecepatan pengisian daya OPPO A96 dari 10% - 50% : 24 menit, 50% - 80% : 19 menit, 80% - 100% : 25 menit, total : 68 menit

Dari 10% hingga 100%, kamu hanya butuh waktu1 jam 8 menit saja untuk melakukan pengisian daya.

Baca Juga: OPPO A96 Bakal Rilis Tanggal 7 April Bawa Spek Memory 256GB & Speaker Ganda

Performa Irit & Teknologi Modern

OPPO A96 menggunakan chipset yang mulai jamak kita temukan pada HP di kelasnya yaitu Snapdragon 680.

Chipset ini sudah mengadopsi teknologi fabrikasi 6nm yang menjamin performa yang cukup irit, yang sudah terbukti pada pengujian baterai sebelum ini.

Namun, bagaimana dengan performa dari Snapdragon 680 ini di OPPO A96 yang dipadukan dengan sistem operasi ColorOS 11.1 ?

bagus

Skor Benchmark OPPO A96 dari AnTuTu v9, Geekbench 5, dan 3D Mark

Angka yang didapatkan OPPO A96 ini tidak begitu mengejutkan baik secara negatif atau positif.

Mengingat chipset Snapdragon 680 ini memang fokus pada efisiensi daya dengan fabrikasi yang kecil dan hadirnya triple ISP untuk performa penangkapan gambar.

Namun untuk pemakaian sehari-hari, performa OPPO A96 ini masih tergolong cukup baik untuk kegiatan produktif sampai bermain game yang wajar.

bagus

Pengaturan grafis paling optimal LoL Wild Rift di OPPO A96

bagus

Pengaturan grafis CoD Mobile paling optimal di OPPO A96

Untuk bermain game seperti Call of Duty Mobile, kamu masih bisa memainkannya pada pengaturan grafisSangat tinggi dan frame rate medium.

Sedangkan pada game Wild Rift, game bisa berjalan lancar pada pengaturan grafis performa.

Baca Juga: Uji Langsung Fitur Microlens OPPO Reno7 di Tengah Cuaca Hujan Seharian

Performa dari OPPO A96 didukung juga oleh RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 256GB yang terbilang cukup besar di kelasnya.

RAM di OPPO A96 juga masih bisa "ditambah" dengan fitur RAM expansion hingga 5GB.

Sedangkan fitur ROM expansion juga hadir untuk menyimpan file cache media sosial di microSD untuk memaksimalkan penyimpanan internal.

Untuk memory card atau SD Card sendiri bisa terpasang hingga kapasitas 1TB di slot sim tray yang bisa juga menampung 2 buah SD Card.

Sektor performa di OPPO A96 sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu mulai dari pengguna kasual sampai gaming yang ringan.

Belum lagi sejumlah fitur pendukung produktivitas dan gaming yang beragam seperti quick return bubble, buletin message, game assistant, floating windows, dan masih banyak lagi dari sistem antar muka ColorOS 11.1.

Baca Juga: Inilah 5 Keunggulan OPPO A55 Yang Bikin HP Ini Cocok Sebagai Teman Kerja Seharian

Kamera

Tentu bukan OPPO namanya jika tidak menyertakan fitur kamera yang menarik baik depan maupun belakang.

Kamera OPPO A96 terdiri dari 50MP kamera utama, 2 MP kamera bokeh, dan 16 MP kamera depan.

Salah satu yang paling menarik dari kamera OPPO A96 adalah hadirnya fitur bokeh flare portrait, yaitu fitur untuk menangkap gambar portrait namun dengan efek pendaran cahaya seperti menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

bagus

Hasil foto dengan Efek Kedalaman di OPPO A96

Efek kedalaman yang dihasilkan kamera OPPO A96 masih tergolong cukup rapi dan warna yang menarik, meskipun harus ada beberapa koreksi di kondisi tertentu.

bagus

Hasil foto OPPO A96

bagus

Hasil foto OPPO A96

Sedangkan untuk mode foto atau auto, kamera OPPO A96 mampu menghasilkan gambar dengan warna yang cukup natural dan detail yang lumayan.

Meskipun perlu beberapa koreksi dari exposure ketika mengambil gambar dengan kondisi cahaya yang lebih menantang seperti backlit.

bagus

Hasil foto OPPO A96 di malam hari

Pada malam hari atau kondisi kurang cahaya, sistem kamera oppo a96 melakukan penghalusan yang cukup tinggi untuk mengurangi noise, yang sebenarnya berdampak pada ketajaman foto yang kurang.

Baca Juga: Uji Kinerja Gaming Snapdragon 695 5G di OPPO Reno7 Z 5G: Tak Bisa Diremehkan dan Bisa Main Genshin Impact

Sedangkan untuk fitur lain, kamera OPPO A96 dilengkapi dengan fitur sepertislow-mo,time lapse, ekstra HD dan perekaman video hingga 1080p.

Setelah beberapa hari mencoba, menurut kami OPPO A96 memiliki racikan kamera yang terbaik diantara berbagai seri A OPPO yang pernah hadir di Indonesia.

Hasil kameranya masih sangat layak untuk merekam momen-momen berharga bersama teman atau keluarga ketika bukber atau momen di hari kemenangan nanti.

Kesimpulan

OPPO A96 membawa beberapa upgrade yang cukup penting seperti layar yang lebih besar dan speaker ganda untuk pengalaman konsumsi konten yang lebih maksimal.

Konsumsi daya yang irit juga membuat HP ini dapat menjadi pilihan buat yang sudah kembali banyak beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama dan sering melakukan pengisian daya dalam waktu yang singkat.

Meskipun menggunakan panel layar IPS, OPPO A96 ini tetap terasa menyenangkan saat scrolling konten tiktok atau reels dalam waktu yang lama berkat refresh rate 90Hz.

bagus

OPPO A96

Baca Juga: Intip Kemampuan Kualitas Kamera OPPO Reno7 Z 5G di Mandalika

Sedangkan pada sektor performa secara umum, OPPO A96 juga masih sangat handal untuk berbagai macam aktifitas mulai dari produktif yang multi-tasking sampai untuk bermain game, meskipun bukan menggunakan chipset kelas premium.

Sektor kamera OPPO A96 juga tidak kalah menarik meskipun membutuhkan beberapa kali koreksi dan lebih dari 1 kali percobaan ketika mengambil foto.

Tapi secara umum, OPPO A96 tetap asyik diajak sebagai teman ngabuburit, merekam momen kebersamaan selama bulan Ramadhan, sampai momen di hari kemenangan nanti.

Bagi kamu yang tertarik dengan HP OPPO A96, kamu sudah mulai bisa melakukan pre-order dengan harga Rp 4.299.000 di seluruh jaringan OPPO Store atau toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia atau secara daring pada aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya