realme narzo 20 Pro, Hape Gaming Rp 3 Jutaan Dengan Charger 65 Watt dan Kamera 48MP

Kamis, 05 November 2020 | 14:08
realme

Unboxing realme narzo 20 Pro

Nextren.com – Pasar smartphone kelas pemula hingga menengah adalah segmen pasar yang sangat gemuk alias sangat besar peminatnya. Wajar jika semua merek smartphone punya jagoan di segmen ini.Apalagi perkembangan teknologi membuat sebuah smartphone makin kencang, makin lengkap dan makin bagus kualitasnya.Namun segmen pemula hingga menengah ini memang akan berhitung harga paling menarik dibanding kinerja dan kelengkapan dan kualitas fiturnya.Salah satu vendor smartphone yang cukup gencar di Indonesia, realme, baru saja merilis smartphone di segmen tersebut yaitu narzo 20 series.Realme Narzo 20 Series ini terdiri realme narzo 20 dan realme narzo 20 Pro.Pihak realme pernah menyebutkan bahwa seri Narzo ini menjadi produk antara dari seri C dan seri angka mereka.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Hero Gratis Mobile Legends Bernama BendettaIsi kotak penjualanDi dalam kotak penjualan realme narzo 20 Pro, kamu akan mendapati kelengkapan sebagai berikut :- unit smartphone realme narzo 20 Pro- adaptor 65W SuperDart Charge- kabel USB type-C Dart- jelly case transparan - panduan cepat- kartu garansi

Baca Juga: Smartfren Umumkan Adanya Kenaikan Trafik 24 Persen dan Upaya Stabilkan Jaringan

DesainDesain narzo 20 Pro tampil lebih segar dalam dua warna unik yaitu White Knight dan Black Ninja. Pola cahaya bodi yang berubah pada sudut berbeda saat terkena cahaya, disebabkan proses pelapisan yang unik. Untuk membuatnya dibutuhkan delapan langkah, termasuk logo, tekstur transfer UV, dip dyeing, lempeng listrik, sablon penutup, cetakan bertekanan tinggi, pengerasan lacquer, dan CNC.Secara ukuran, realme narzo 20 Pro ini lebih ramping namun sedikit lebih panjang.Maka saat dipegang dengan satu tangan terasa lebih pas, tanpa mengurangi keluasan layarnya.Bodinya juga berbahan plastik yang berkualitas dan kokoh, dengan warna kalem dan variasi garis yang samar-samar.

Baca Juga: Cara Bikin Instagram Stories Foto PlayStation 5, Bikin Iri Sahabat!

realme
realme

realme narzo 20 Pro dan kotak penjualan

Bahan bodinya agak licin saat digenggam, namun untungnya di kotak penjualannya tersedia soft case transparan siap pakai, yang terasa lebih kesat dan mantap.Di sisi belakang ada empat kamera yang terkumpul dalam kotak persegi, dan flash LED di sebelahnya.Tonjolan kamera tersebut cukup tinggi jika ditaruh di meja, jadi sebaiknya pakai soft case silikon bawaan agar sisi belakangnya menjadi rata.Layarnya terlindungi oleh Gorilla Glass, sementara kamera selfie 32MP berdesain punch hole ada di sebelah kiri.Baca Juga: Fitur Baru Telegram Bisa Pin Banyak Pesan Sekaligus, Penting di Grup Agar Pesan Mudah Dicari

Tepat di atas layar, lubang speaker diletakkan secara tersamar karena begitu kecilnya, sehingga layar tampak begitu luas.Di sisi kanan ada tombol daya, sekaligus sensor sidik jari.

Respon sensor sidik jarinya terasa cepat dan akurat, dan mudah diakses dengan jari jempol saat digenggam dengan satu tangan.Penempatan sidik jari di samping ini terasa pas, karena mudah diakses meski ditaruh di meja sekaligus punya respon yang cepat.Di sisi bawah ada port USB-C, lubang speaker, jack audio 3.5mm, dan mikrofon.Untuk simcard, tersedia dua slot nano simcard dan satu slot microSD yang ditempatkan di sisi kiri.Bobotnya memang tak terlalu ringan, namun malah pas saat digenggam karena terasa mantap.

Layar 90Hz realme narzo 20 Pro dibekali layar seluas 6.5 inci , dengan refresh rate 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Spek layar lainnya adalah rasio 20:9, resolusi 2400x1080 Full HD+, 90.5% rasio layar-ke-badan, dan kecerahan 480nits.Layar 90Hz bisa menampilkan gambar 90 frame per detik, sehingga punya tingkat refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan layar 60Hz biasa. Hal ini menghasilkan pengalaman visual yang mulus dalam setiap gesekan layar. Meski dibekali refresh rate 90Hz, ada setting untuk beralih dari 60Hz ke 90Hz, atau bisa diatur otomatis.

Baca Juga: Nokia Luncurkan TV Android, Layar Lebih Besar Plus Streaming BoxRefresh rate 90Hz akan terasa kelebihannya saat dipakai menggeser atau menggulir menu, aplikasi, dan scrolling di media sosial yang sangat mulus.Apalagi jika dipakai main game yang juga mendukung 90Hz, gerakan permainan tentu lebih nyaman dilihat.Sementara itu, respon jari di layar juga lebih sensitif, yang berguna saat memainkan game-game.Kenyamanan saat mengakses layar 90Hz memang sulit dijelaskan, jadi harus dirasakan langsung.Sebagai gambaran, gerakan di layar terasa mulus, baik saat scrolling antarmuka realme UI.Begitu pula saat memainkan aplikasi atau memainkan game-game populer, termasuk saat scrolling di media sosial.

Baca Juga: Mau Musik Kamu Viral di TikTok? Begini Tips dari Musisi Dipha BarusLalu pada kecerahan maksimum, layar tetap jelas terlihat di terik matahari.Paduan layar 6,5 inci yang lega, dengan refresh rate 90Hz memberikan pengalaman visual yang mantap.Beragam fitur dibenamkan di layarnya, seperti Punch-hole Light Effect, Eye Protection, dan OSIE.Fitur Punch-hole Light Effect membuat tepi kamera depan akan menyala saat menggunakan penguncian wajah atau kamera depan.Lalu fitur Eye Protection untuk mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar. Caranya dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Fitur ini dapat diatur waktunya secara otomatis untuk aktif.Layar realme Narzo 20 Pro ini juga sudah mendukung fungsi efek visual OSIE. OSIE adalah efek visual untuk meningkatkan kejernihan tampilan video, intensitas warna, sehingga tampilan visual secara keseluruhan lebih luar mantap. OSIE bisa mempertajam setiap bingkai, menyesuaikan kontras gambar, meningkatkan dynamic range, dan mengoptimalkan rona dan saturasi setiap piksel.Maka secara keseluruhan tampilan gambar akan lebih dekat dengan apa yang dilihat mata manusia.

Realme UI

UI Realme menyediakan berbagai pilihan ikon, jadi jika tidak puas dengan standarnya, kamu bisa memilih lainnya.Ada banyak fitur cerdas di menu pengaturan jika kamu ingin mengontrol hape ini secara penuh.Namun jika tak mau repot, biarkan saja apa adanya dan biarkan algoritma AI dan machine learning Realme yang akan menentukan pengaturan yang paling optimal.Jadi Realme UI ini dibekali UI yang akan mengenali kebiasaan yang sering kamu lakukan, dan memberikan pengaturan terbaiknya secara otomatis.Realme memberikan aplikasi multimedia seperti Galeri, Musik, dan Video secara default.Ada aplikasi File Manager yang lebih mudah digunakan, juga aplikasi Phone Manager untuk merawat kinerja agar tetap segar dan aman.

Baca Juga: Pelanggan Pascabayar 3,1 Juta, Telkomsel Rilis Paket Halo Unlimited Untuk Gaet MilenialYang berbeda tentu dukungan layar 90Hz, yang membuat tampilannya sangat halus dan cepat.Tampilan realme UI 1.0 terlihat luas dan bersih. Ditambah warna-warna cemerlang, tentu sesuai untuk anak muda yang menjadi targetnya.Agar tampil beda, pengguna bisa mengatur sendiri tampilannya lewat toko tema yang ada, bahkan hingga ke bentuk ikon.Fitur penting lainnya yang berguna adalah screenshot dengan tiga jari. Bayangkan kamu sedang chat menjelaskan sesuatu, maka tinggal screenshot tampilan layar dan kirim ke teman kamu.Lalu ada pula mode gelap, dan sistem proteksi perlindungan informasi pribadi.Tujuannya untuk memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan tetap pribadi untuk mencegah kebocoran informasi.

Baca Juga: Sony Music Buka Peluang Cari Penyanyi Baru Lewat Platform Tik TokFitur-fitur penting juga bisa diakses lewat menu Setting, seperti Gesture, VPN, Private DNS, Screencast, dan Print.Ada banyak pengaturan untuk mengelola notifikasi, agar smartphone bisa dinikmati lebih efisien.Sementara urusan keamanan, didukung oleh fingerprint, Face Unlock, password atau pola di layar.Bagi orang tua yang ingin mengatur pemakaian hape untuk anaknya, ada pengaturan untuk mengunci aplikasi apa saja yang bisa dipakai (App lock).Ada pula fitur Kid Space yang bisa membatasi durasi pemakaian smartphone mulai dari 15 menit hingga tanpa batasan, membatasi aplikasi apa saja yang boleh dibuka, serta mematikan jaringan data.Bagi penggemar game, fitur Game Space akan mengumpulkan game apa saja yang sudah terinstall dan memberikan kinerja tambahan saat dimainkan.Lalu ada App Cloner untuk menduplikasi aplikasi dengan akun berbeda. Jadi kamu bisa dengan mudah memakai beberapa akun berbeda untuk Instagram, Facebook dan lainnya.Split screen juga akan memudahkan pemakaian saat ingin mengerjakan aktifitas online lainnya, cara mengaktifkannya cukup dengan menggeser tiga jari ke atas.

65W SuperDart ChargeManusia modern punya begitu banyak aktifitas yang kini banyak tergantung pada smartphone untuk mengaturnya.Maka dibutuhkan baterai smartphone yang selalu siap pakai untuk beraktifitas sehari-hari tentu sangat dibutuhkan.Orang malah sering lupa melihat kondisi baterai saat ingin membawanya pergi, akibat smartphone terlalu sering dan lama dipakai.Tentu dibutuhkan kemampuan charger yang cepat dan aman, agar bisa mengisi baterai smartphone secara kilat saat terburu-buru.Di realme narzo 20 Pro, pengisian daya cepat telah berkembang lebih jauh dengan peningkatan besar ke 65W SuperDart Charge, sebuah perangkat pengisian daya tercepat saat ini di harga 3 jutaan.Lewat efisiensi pengisian daya yang tinggi, 65W SuperDart Charge bisa mengisi daya baterai berkapasitas 4500mAh dengan cepat, sekaligus menjaga smartphone tetap dingin.

Baca Juga: Ini Cara Share Lagu Untuk Kodein Gebetan Kamu ke Status WhatsAppBaterai 4500mAh dapat diisi hingga 100% dalam waktu 38 menit, tentu dalam kondisi tanpa beban apapun. Namun saat dipakai bermain game berat, 65W SuperDart Charge dapat mengisi daya hingga 47% dalam 30 menit. Jika sedang terburu-buru, dalam waktu 3 menit realme narzo 20 Pro dapat diisi hingga 14%.Daya baterai 14% itu bisa dipakai 3 putaran PUBG (1,2 jam), 10 jam mendengarkan musik, 2 jam menonton film atau 5,78 jam panggilan telepon. Bagaimana jika 65W SuperDart Charge bawaannya ketingggalan di rumah saat beraktifitas? Ternyata realme narzo 20 Pro juga mendukung charger PD / QC 18W biasa kok.

Bagaimana cara kerja 65W SuperDart Charge ini sehingga bisa mengisi baterai begitu cepat?

Rahasianya ada pada sel baterai 3C tingkat tinggi (4500mAh = 2250mAh x 2), sehingga 65W SuperDart Charge bisa langsung mengisi baterai dengan 10V 6.5A di bawah kendali fast charging MCU.

Baca Juga: Cara Mudah Kembalikan Data MS Word yang Belum Tersimpan di Laptop

Dalam proses penghentian ketika mengisi daya, SuperDart Charge menggunakan pompa pengisian daya untuk mengurangi separuh voltase baterai sel ganda.

Tujuannya untuk mencapai voltase yang mampu memberi daya pada smartphone, serta memastikan kecepatan pengisian daya dan kontrol suhu.

Seluruh proses pengisian tersebut dikendalikan ketat dan didinginkan untuk mencegah panas berlebih dan mencapai konversi energi listrik efisiensi tinggi.

Meski daya 65W SuperDart Charge terlihat tinggi, namun keamanan diberikan secara berlapis yaitu adanya perlindungan terhadap kelebihan beban, seperti perlindungan terhadap identifikasi kondisi pengisian cepat, perlindungan antarmuka yang kelebihan beban, perlindungan arus dan tegangan berlebih, serta perlindungan sekring baterai.

Selain itu, ada 10 sensor suhu (Termistor NTC, Koefisien Suhu Negatif) untuk memantau perubahan suhu dalam proses pengisian dan pemakaian.

Kemudian sistem pengisian daya dapat secara dinamis menyesuaikan daya pengisian, lalu secara ketat menghilangkan panas berlebih.

Kamera Selfie

Kamera depan dibekali sensor Sony IMX471 resolusi 16MP Ultra-clear dan aperture F2.0.Kamera selfienya mendukung mode kecantikan pintar, efek Bokeh dan lainnya.

Secara khusus, algoritma kecantikan terbaru dikembangkan untuk setiap orang dengan bentuk serta fitur wajah yang berbeda.

Hal ini memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan lembut dengan mudah.

Baca Juga: Cara Manfaatkan Fitur Status atau Stories WhatsApp Untuk Jualan

48MP AI Quad Camera

realme narzo 20 Pro dibekali quad camera terbaru, terdiri dari 48MP kamera utama, 8MP kamera sudut ultra-lebar 119, serta dua buah kamera 2MP untuk potret B&W dan lensa makro.

Kamera utamanya memiliki sensor 48MP, dengan aperture besar f/1.8, dan lensa 6P.

Kamera utama ini menerapkan mekanisme piksel binning 4-in-1 Quad Bayer untuk menggabungkan empat piksel berdekatan sehingga menjadi piksel besar, yaitu 48MP.

Teknik ini disebut bisa meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan mewujudkan detail yang kaya.

Lensa sudut lebar 119 dengan aperture f/2.3 dan resolusi 8MP, membuat pengguna tidak perlu mundur untuk mengambil bidikan luas, misalnya foto lanskap, arsitektur, dan foto grup besar yang lebih baik.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp Ini Bikin Memori HP Jadi Lega, Sudah Ada di Versi Ini

Lensa ultra makro membuat pengguna bisa menemukan hal-hal unik dengan jarak pemotretan 4cm.

Sedangkan lensa B&W Portrait adalah sistem filter warna baru untuk mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada foto.

Kamera realme narzo 20 Pro juga memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Lewat fitur itu, kita bisa memotret pemandangan malam kota dengan cara yang baru.

Menu kameranya dibekali AI, yang bisa mendeteksi obyek target secara otomatis, seperti obyek makanan, salju, hewan peliharaan, matahari terbenam, rumput, pemandangan. dan lainnya.

Dalam mode Pakar atau Manual, ada pilihan ISO 100-6400, kecepatan 1/8000 hingga 32 detik, white balance, fokus manual dan auto, serta exposure +/-3

Kamera utamanya 48MP merekam foto dengan sangat bagus. Detil obyek terekam baik, warna akurat, noise rendah, serta rentang dinamis lebar.

Kemampuan kamera di saat kondisi low light atau malam hari bisa diandalkan, karena foto bsia terekam terang dan tajam.

Apalagi jika digunakan fitur Nightscape, maka tak perlu khawatir memotret saat kondisi remang-remang, karena hasilnya akan terang dengan warna cemerlang.

Kamera belakangnya yang dibekali stabilisasi gyro-EIS, mendukung perekaman video Ultra Wide-angle dan juga tersedia video efek bokeh secara real-time.

Untuk resolusinya, kameranya bisa merekam video 4K/30fps dan merekam video slow motion pada 1080P/120fps dan 720p/240fps.

Kinerja kamera saat siang hari tentu sudah bukan masalah saat ini di semua kamera hape kelas menengah. Namun kinerja kamera saat kondisi malam atau kurang cahaya sangat penting diperhatikan.

Berikut beberapa hasil foto kamera realmenarzo 20 Prosaat malam hari, tanpa flash, tanpa adanya editing, kecuali ukurannya diperkecil agar tidak terlalu berat saat ditampilkan.

Hasil foto realme narzo 20 Pro di malam hari

realme
realme

foto malam night mode

realme
realme

foto malam makro low light

realme
realme

foto malam makro

realme
realme

foto malam outdoor

realme
realme

foto malam outdoor

realme
realme

foto malam makro low light

rea;me

foto malam backlight

Berikut beberapa hasil foto kamera realmenarzo 20 Prosaat siang hari, tanpa flash, tanpa adanya editing, kecuali ukurannya diperkecil agar tidak terlalu berat saat ditampilkan.

Hasil foto realme narzo 20 Pro di siang hari

realme
realme

foto siang backlight

realme
realme

foto makro indoor siang hari

realme
realme

foto makro indoor siang hari

realme
realme

foto makro outdoor siang hari

realme
realme

foto outdoor siang hari

realme
realme

foto siang indoor dalam kamar

realme
realme

foto makro dalam kamar

Kinerja

Realme Narzo 20 Pro dibekali chipset MediaTek Helio G95, yang jelas difokuskan untuk kinerja hape gaming di kelas menengah, dan dibuat dengan proses manufaktur 12nm.Chipset G95 membawa CPU octa-core terdiri dari dua core Cortex-A76 2.05GHz berkinerja tinggi dan enam core Cortex-A55 2.0GHz yang hemat energi.Sementara proses grafis ditangani oleh GPU 900MHz Mali-G76, termasuk game 90fps agar bisa memanfaatkan manfaat kemampuan refresh rate layar 90Hz realme 7.Chipset Helio G95 ini dipadukan dengan memori RAM 8GB dan internal 128GB, membuatnya bisa melibas segala aktifitas online di smartphone dengan lancar.

Kinerjanya tentu bisa diandalkan untuk nge-game. Beragam game online yang populer dan berat seperti Genshin Impact, Mobile Legend, PUBG, Free Fire, bisa dimainkan dengan lancar.

Game PUBG Mobile bisa dimainkan dengan setting grafis Smooth Extreme bahkan bisa diatur hingga Ultra dam HD High.Game Mobile Legends bisa dimainkan rata kanan dengan setting HFR.

Bahkan game populer yang sangat berat seperti Genshin Impact juga bisa dimainkan dengan lancar di setting tertingginya.

Skor beberapa aplikasi benchmark menunjukkan kinerja baik, single core maupun multi-core.Perpaduan chipset terbaru Helio G95, RAM 8GB dan GPU Quad-core Mali-G76 ternyata bisa bekerja baik dalam aktifitas berat, seperti game online, streaming film, termasuk multitasking.Prosesor Helio G95 bertenaga ini punya sistem pendingin agar bisa mendinginkan suhu hingga 8,6%, sehingga kinerja realme narzo 20 Pro tetap terjaga saat digunakan secara berat.

Baca Juga: Cara Ampuh Cegah Penipuan SIM Swap Seperti Dialami Ilham Bintang, Operator Diminta Terapkan PINPendapat kami

Seperti realme sebelumnya, realme narzo 20 Pro ini juga menyajikan paduan kinerja tinggi, fitur lengkap dan harga terjangkau di kelasnya, yaitu Rp 3 jutaan atau tepatnya Rp 3,399 juta.Layar refresh rate 90Hz di kelas harganya memang menarik, ditambah kinerja gesit untuk main game, dan kamera malam yang bisa diandalkan.

Kinerja fast chargingnya 65Watt juga sangat cepat, cocok untuk menemani aktifitas modern yang serba cepat dan mobile.

Jika ada yang perlu ditingkatkan, mungkin pada layar IPS serta bahan bodi plastik polikarbonatnya. Namun hal itu memang tidak berpengaruh langsung pada kinerja smartphone saat dipakai.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya