Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Tenarnya sebuah lagu saat ini dapat dikatakan berawal dari viralnya di aplikasi TikTok.
Misalnya saja lagu "Abang Jago", "Entah Apa yang Merasukimu", atau yang lainnya merupakan contoh dari keberhasilan sebuah lagu untuk mendapatkan popularitas.
Semakin banyak pengguna TikTok yang menggunakan lagu tersebut, maka jelas popularitas di platform lain seperti YouTube pun akan ikut melonjak.
Dipha Barus, sebagai musisi populer Indonesia pun mengakui bahwa kehadiran TikTok telah berpengaruh pada popularitas lagunya.
Baca Juga: TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Download di App Store dan Play Store Juli 2020
"TikTok sangat berpengaruh karena udah terbukti dari beberapa lagu," ucapnya dalam acara jumpa pers virtual, Rabu (4/10).
"Kalau lagu engadgementnya di TikTok tinggi, maka akan akan ikut ke platform lain," lanjutnya.
Untuk membantu para musisi amatir yang juga ingin memviralkan lagunya, Dipha pun memberikan tipsnya yang menarik.
1. Aransemen 15 sampai 60 Detik
Pada kesempatan tersebut, Dipha menjelaskan bahwa saat ini banyak musisi yang menguatkan aransemen musik berdurasi 15 detik sampai 60 detik.
Ia pun menjelaskan bahwa alasannya adalah untuk menyesuaikan musik dengan durasi pengambilan video di TikTok.
Baca Juga: TikTok Perkenalkan Dewan Penasihat Keamanan Asia-Pasifik, Cegah Kebocoran Data?
2. Perhatikan Aransemen Musik
Musisi yang sudah merambah wilayah mancanegara ini pun menerangkan bahwa para kreator musik harus membuat aransemen musik yang baik.
Dipha menerangkan kalau pada musisi diharapkan dapat menentukan aransemen yang bisa membiarkan orang lain untuk berkreasi.
Jadi, sebisa mungkin musisi memberikan ruang untuk kreator TikTok bisa berinovasi dengan aransemen musikmu.
Baca Juga: Begini Cara Ikutan Hits di TikTok Meski Gak Punya Akun, Mudah Banget Loh!
3. Ikuti Tren dan Buat Challenge
Lebih lanjut, Angga Anugrah Putra, selaku Head of User & Content TikTok Indonesia menjelaskan bahwa musisi bisa mengandalkan tren untuk memviralkan musikmu.
Selain itu mengadakan kampanye di TikTok dengan challenge juga bisa menjadi alternatif lainnya.
Disebutkan kalau saat ini sudah banyak musisi kenamaan yang menjadikan TikTok sebagai platform promosi.
Sony Music Entertainment Indonesia pun mengaku telah melakukan hal tersebut.
Erik Purwanto, sebagai Digital Marketing Domestik Manager pun mengatakan kalau sudah ada beberapa kampanye perusahaan yang berhasil di TikTok.
Baca Juga: Paket Internet Telkomsel Unlimited TikTok Seharian Mulai Rp 3 Ribuan
"Kalau di TikTok makin kencang (kampanye lagu), yaudah kita kencangkan lagi saja di TikTok," ucapnya dalam pertemuan virtual, Rabu (4/11).
Kemampuan TikTok mempopulerkan musik pun membuat Sony Music Entertainment Indonesia berencana untuk mencari penyanyi baru lewat platform berbagi video pendek tersebut.
(*)