Fitur Baru WhatsApp Ini Bikin Memori HP Jadi Lega, Sudah Ada di Versi Ini

Selasa, 03 November 2020 | 21:00
(macrumors)

Fitur Storage Management di aplikasi WhatsApp

Nextren.com - Dengan banyaknya kontak yang mengirim aneka berkas dokumen, foto, serta video, ukuran folder WhatsApp di ponsel lekas membengkak dan menyita ruang penyimpanan di perangkat.

Untuk membantu pengguna mengatasi masalah tersebut, WhatsApp kini telah mendatangkan fitur baru bernama Storage Management.

Sesuai dengan namanya, fitur Storage Management dapat memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten atau file pada aplikasi.

Lewat fitur ini, pengguna bisa secara langsung menyortir dan memilah file mana saja yang tidak diperlukan dan bisa dihapus guna menghemat kapasitas memori penyimpanan di ponsel mereka.

Baca Juga: Cara Agar Tak Ketahuan Selingkuh di WhatsApp, Coba Fitur Satu Ini Yuk!

Baca Juga: Dua Fitur Terbaru WhatsApp: Face Unlock dan Gabung ke Panggilan Tak Terjawab

Selain itu, fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran file, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil.

Pengguna pun dapat melihat preview dokumen atau file yang telah dipilih sebelum menghapusnya secara permanen.Storage Management bisa diakses dengan mudah, yakni dengan membuka menu Settings lewat tombol tiga titik vertikal di kanan atas, kemudian memilih Storage and Data > Manage Storage.

Lain WhatsApp kemudian akan menampilkan semua file media yang terdapat di ponsel, berikut keterangan lain seperti ukuran masing-masing.

Fitur Storage Management ini bisa ditemukan di WhatsApp beta versi 2.20.205.7.

(KOMPAS.com/ OIK YUSUF)
(KOMPAS.com/ OIK YUSUF)

Tampilan fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno dari WhatsApp, Selasa (3/11/2020), fitur Storage Management rencananya bakal diluncurkan secara global pada pekan ini ke seluruh pengguna WhatsApp versi terbaru.

Informasi mengenai fitur Storage Management dapat dilihat di kanal YouTube resmi WhatsApp di tautan berikut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"WhatApp Rilis Fitur Storage Management untuk Menghemat Memori Ponsel" Penulis : Conney Stephanie

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya