Follow Us

Bos Dagelan Bagi-bagi Tips Membuat Konten Viral di Medsos

Reska K. Nistanto - Senin, 29 Februari 2016 | 12:42
Akun Instagram Dagelan.
@Dagelan

Akun Instagram Dagelan.

Di ajang Social Media Week yang diadakan minggu lalu di Jakarta, Chief Marketing Officer akun Instagram Dagelan, Danny Syah Aryaputra berbagi tips tentang bagaimana cara membuat konten menjadi viral.Kekuatan konten viral saat ini memang sedang banyak dilirik oleh pemegang brand untuk menyebarkan produknya. Tak jarang mereka melakukan endorsement suatu akun tertentu yang memiliki jumah follower banyak, dengan harapan brand miliknya dilihat secara lebih luas.Nah, salah satu cara untuk memiliki follower banyak ini adalah dengan membuat akun yang memiliki konten-konten yang bisa dibagikan dengan mudah."Kalau mau viral, suatu konten harus shareable (menggelitik untuk dibagikan), kalau nggak ya mereka nggak ada will to share-nya," kata Danny.Nah, bagaimana membuat konten yang shareable ini? Danny pun menjelaskan formulanya. Yang pertama menurutnya konten itu harus sederhana, tidak njelimet. Ia pun mencontohkan meme "Sudah Kuduga" yang sempat heboh dengan berbagai variasinya, bahkan membuat sang tokoh di foto tersebut diwawancarai di sebuah stasiun televisi swasta.Konten juga harus mudah dan cepat dibagi di media sosial. Semakin banyak channel atau influencer yang membagikan konten tersebut, maka besar pula kemungkinan konten tersebut untuk menjadi viral.Konten-konten yang mampu menangkap emosi penikmatnya juga memiliki potensi untuk menjadi viral. Pembuat konten harus paham isu apa yang sedang muncul ke permukaan. Misalnya jika Jakarta sedang dilanda banjir, ya buat konten yang terkait dengan banjir.Selain itu, timing dalam menerbitkan konten juga dianggap penting. "Kalau posting di jam subuh ya siapa yang mau liat, komen-komennya juga beda, nanti malah disuruh sholat subuh jangan internetan melulu," canda Danny.Namun dari semua hal di atas, faktor keberuntungan (luck) dikatakan Danny tetap memegang peranan penting. Sebab menurutnya, walau ia pernah membuat konten yang dirasa bakal viral, nyatanya tidak sesuai dengan yang diharapan."Itu rahasia Yang di Atas," ujarnya.Dari semua yang dipaparkan, Danny pun menyimpulkan bahwa emosi, provokasi, timing, simplicity dan creativity menjadi kunci sukses viral atau tidaknya suatu konten.

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest