Jika tahun-tahun sebelumnya ada @CenayangFilm dan @Liputan9, tahun ini akun-akun parodi yang baru bermunculan di Twitter rata-rata bertemakan minimarket dan kuliner.
Bermula dari @InfoIndomaret, hingga muncul@updateSevel,@BeritaCircleK,@LawsonStation_,@BrightStoreInfo,@InfoCarrefour, @AlfamartToko,@SiAlfaMidi,@Giant_Swalayan,@ministop_ID, dan@RamayanaRame
Meluas ke sektor kuliner, ada@KFCAyamnyaJago,@AyamSabanna,@SetarbaksKopi,@infomekdi,@DonatJeko,@DunkinDonatss, dan@infoPizzaHut.
Semuanya berkicau tentang keseharian di gerai-gerai yang diparodikan. Ada pula tokoh-tokoh yang dibangun untuk mendukung penggambaran situasi di masing-masing gerai.
Belum genap sebulan, akun-akun itu sudah diikuti ribuan warga Twitter. Bagi kamu yang tertarik membuat akun parodi, @InfoIndomaret punya tips sederhana yang bisa dijadikan pedoman. Selengkapnya sebagai berikut:
1. Berkicaulah dengan teknik deskripsi.
Menurut admin @InfoIndomaret, Dwiki (27 tahun), akun parodi harus mampu membuat netizen membayangkan sebuah kejadian hanya dengan membaca kicauan pendek.
"Biar orang merasa benar-benar ada di situ," kata dia, pada acara #NextBigTren beberapa saat lalu di Kantor Kompas Palmerah Barat Lantai 6.
Ia lalu mencontohkan salah satu kicauan deskriptif yang ia sundul ke akun @InfoIndomaret. "Ada mobil mercy parkir tapi cuma beli ichi ocha."
2. Bangun karakter dari tokoh-tokoh yang dibuat.
Lagi-lagi, dalam rangka membuat netizen mendapat gambaran yang jelas tentang suatu kejadian di suatu tempat, perlu ada karakter-karakter kuat yang di bangun.
Di @InfoIndomaret, ada Pak Indra, Ririn, Yadi, Iyan, Tuti, dan Deni. Tokoh-tokoh itu tak hanya diceritakan, tapi dibuat seakan-akan sedang berkicau sehingga netizen tahu karakternnya seperti apa.