Iklan Android bertajuk "Friends Furever" jadi maha viral di internet. Tak hanya terpopuler tahun ini, iklan tersebut bahkan jadi iklan paling banyak dibagi sepanjang masa.
Dilansir Nextren, Jumat, (20/11/2015) dariDigitalTrends, "Friends Furever" telah dibagi sebanyak 6,4 juta kali sejak dirilis pada Februari lalu.
Data itu diperoleh dari perusahaan iklan teknologi Unruly. Secara garis besar, menurut Unruly, "Friends Forever" mampu menyentuh emosi mayoritas masyarakat dengan pendekatan yang sederhana.
Iklan itu menyampaikan pesan"Be Together. Not the same"atau kurang lebih "Hidup berdampingan walau tak sama".
Dengan lagu pengiring dari Roger Miller berjudul "Oo-De-Lally", iklan Android memperlihatkan seekor anjing dan gajah bermain bersama. Adapula orangutan dan anjing, serta bayi badak dan domba.
Mereka berasal dari spesies berbeda, tapi digambarkan hidup rukun dan saling menyayangi. Jika belum melihat iklan itu, silakan tengok berikut ini.
Manfaat kelucuanMenurut Unruly, pendekatan iklan dengan memanfaatkan kelucuan binatang efektif untuk menarik perhatian massa. Tak heran jika banyak pengiklan yang menggunakan strategi tersebut.
"Fokus pada persahabatan, pengiklan 2015 sukses menggunakan anjing, kucing dan binatang berbulu lainnya untuk menggugah perasaan," kata perwakilan Unruly.
Selain Google di posisi pertama, iklan Microsoft juga masuk ke jejeran 10 besar iklan yang paling banyak dibaginetizensepanjang 2015.
Tepatnya, iklan yang memperlihatkan Robert Downey Jr menghadiahkan tangan buatan ala Iron Man kepada anak tujuh tahun tersebut, menempati posisi ke-9.
Iklan Microsoft tersebut diluncurkan pada Maret 2015. Hingga kini, iklan itu dibagi sebanyak 2,1 juta kali olehnetizen. Berikut videonya.
Data dari Unruly menunjukkan, iklan internet membawa pengaruh yang semakin signifikan tahun ini. Sebanyak 20 iklan paling top tahun ini, secara total, dibagi netizen 40,2 juta kali.
Angka itu meningkat 38,5 persen dari tahun lalu yang "hanya" dibagi 29 juta kali. Tampaknya, pengiklan makin mumpuni dalam menciptakan iklan yang diistilahkan"shareable".