Follow Us

Pakai Konektor USB-C, OnePlus 2 Malah Disebut Berbahaya

Fatimah Kartini Bohang - Selasa, 17 November 2015 | 15:48
Kabel USB Type-C OnePlus 2
AndroidAuthority

Kabel USB Type-C OnePlus 2

OnePlus adalah salah satu vendor yang mendukung ekosistem penggunaan USB-C pada perangkat. Ponsel teranyarnya, OnePlus 2 sudah disematkan tipe port tersebut.

Sayangnya, langkah OnePlus menuai cibiran dari Google. Tepatnya dari teknisi Google Benson Leung. Menurut Leung, USB-C ala OnePlus dapat membahayakan charger dan hub USB pada PC.

Dilansir Nextren, Selasa (17/11/2015) dari AndroidAuthority, Leung mengklaim OnePlus menggunakan terminal pengidentifikasi (identifier resistor) yang keliru.

Pabrikan China tersebut menggunakan identifier resistor jenis 3A yang hanya sesuai untuk perangkat tipe tertentu. Seharusnya, OnePlus menggunakan USB Power default yang bisa diterapkan untuk semua jenis perangkat.

Karena kekeliruan tersebut, kata Leung, banyak pengguna yang berisiko dirugikan. "Terutama jika Anda menggunakannya dengan Chromebook Pixel, Nexus 6P dan Nexus 5X," kata Leung pada akun Google Plus-nya.

Perangkat lainnya juga berisiko, namun Leung enggan menyebut perangkat selain buatan Google.

Leung dikenal sebagai sosok yang menaruh perhatian pada penerapan USB-C pada perangkat. PC Mag menobatkannya sebagai "USB Vigilante".

Source : Androidauthority

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest