Follow Us

Canggihnya AI Peneliti Jepang, Bisa Warnai Film Anime Secara Otomatis

David Novan Buana - Kamis, 29 November 2018 | 21:15
Proses produksi film kartun Jepang atau anime menjadi lebih mudah berkat dikembangkannya AI untuk mewarnai.
animenewsnetwork.com

Proses produksi film kartun Jepang atau anime menjadi lebih mudah berkat dikembangkannya AI untuk mewarnai.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Film kartun Jepang yang biasa disebut dengan nama Anime adalah industri yang begitu besar di negara tersebut, dan menyumbang devisa luar biasa besar setiap tahunnya.

Terang saja, penetrasi Anime ke dalam asupan budaya tontonan global sudah tidak bisa disangkal lagi telah mendominasi pasar, terutama di Asia.

Namun tahukah kamu bahwa proses pembuatannya, terutama mewarnainya adalah kegiatan yang lama dan sulit; sesuatu yang diharapkan bisa dipersingkat dengan teknologi AI terbaru berikut ini.

Baca Juga : Polisi Inggris Buat AI untuk Deteksi Kejahatan yang Belum Terjadi

Tidak seperti film dengan aktor manusia atau animasi 3D, setiap frame di dalam Anime harus digambar dan diwarnai dengan tangan manusia.

Apalagi untuk setiap frame tersebut dan frame setelahnya, warnanya harus sama; termasuk di dalamnya gradasi dan juga beragam efek visual lainnya.

Nah, sekarang bayangkan melakukan itu untuk 30 frame per detik, atau untuk Anime dengan kualitas tinggi, 60 frame per detik.

Artinya artis dan produksinya harus mewarnai 60 lembar atau frame gambar dengan warna yang identik hanya untuk durasi anime selama 1 detik; itu sebabnya Anime dengan seri panjang menggunakan warna yang sederhana tanpa banyak gradasi dan bayangan.

Peneliti Jepang akhirnya berhasil mengembangkan AI atu Artificial Intelligence untuk mewarnai Anime, dengan basis Deep Learning.

Jadi, AI tersebut akan mempelajari tema warna dari tokoh dan juga latar belakang di Anime tersebut, dan akan memberikan warna yang sesuai dengan gambarnya.

Teknologi yang dipadukan ke dalam AI tersebut berasal dari pemain besar di bidang visual Jepang, yaitu proses pembuatan anime dari Imagica Group, machine learning dari OLM Digital, serta teknologi grafik komputer dan visual dari NAIST.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest