Follow Us

Berkat Update Windows 10, Akses Akun Microsoft Tanpa Password Tetap Aman

David Novan Buana - Rabu, 21 November 2018 | 22:51
Update terbaru Windows 10 berikan opsi untuk buka akun tanpa password, yaitu dengan kunci digital yang lebih aman dan praktis.
ergonomictoolbox.com

Update terbaru Windows 10 berikan opsi untuk buka akun tanpa password, yaitu dengan kunci digital yang lebih aman dan praktis.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Kehadiran update 1809 untuk Windows 10 yang sempat tertunda karena masalah teknis ternyata menyimpan kemudahan untuk penggunanya.

Salah satu keuntungan dari update ini adalah adanya fitur untuk menggunakan akun Microsoft tanpa perlu memasukkan password.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, akun Microsoft adalah hal yang harus kamu miliki untuk bisa membaca email di Outlook dan juga membeli game di mesin console Xbox One.

Baca Juga : Windows 10 Bermasalah Oktober Lalu, Microsoft Selesai Perbaiki Update

Apakah cara ini aman? Karena password adalah satu hal yang selama ini mencegah pihak jahat untuk mencuri data pribadi darimu.

Ternyata keamanannya sendiri masih tetap ketat, karena hanya caranya saja yang diubah; dari password menjadi perangkat fisik berupa kunci digital.

Opsi untuk menggunakan kunci selain password ini bisa kamu akses dari browser internet Edge yang diberikan di dalam Windows 10, dan juga Windows Hello dan kunci digital berbasis FIDO-2 seperti YubiKey 5 dari Yubico.

Dengan begitu, kamu sudah tidak perlu lagi pusing mengingat beragam password yang kamu gunakan, dan juga resiko kehilangan password tersebut.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir ada orang yang mencuri pandang password yang kamu ketik di keyboard laptop ketika sedang berada di cafe.

Bagaimana bila kamu kehilangan kunci digital tersebut? Atau untuk mencegah terjadinya serangan phishing dan malware?

Microsoft menjaminnya dengan sistem pengenalan dua lapis, yaitu kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu ada di sana, seperti dengan pengenalan wajah dan PIN.

Source : Engadget

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest