Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana
NexTren.com - Keuntungan yang dimiliki oleh robot tampaknya sudah mulai menggeser peran manusia di dalam bisnis jasa layanan.
Hal ini terwujud dengan digunakannya robot bernama Robot.He yang menggantikan peran pelayan restoran seafood di Shanghai, China.
Menariknya, robot tersebut dimiliki oleh raksasa teknologi Alibaba dan tampaknya menjadi pilihan karena jauh lebih efisien.
Baca Juga : Furhat, Robot Sosial Yang Mampu Berikan Ekspresi Muka Untuk AI
Untuk memesan makanan di restoran tersebut juga tidak digunakan cara tradisional, seperti memanggil pelayan dan menyebutkan apa yang ingin dipesan.
Malahan, pemesan hanya perlu menggunakan smartphone dan menekan apa saja yang ingin dipesan, dan robot akan membawanya ke meja.
Mengapa sampai robot tersebut digunakan sebagai pengganti pelayan? Ternyata keuntungan yang dimiliki robotlah yang menjadi alasannya.
Menurut pengakuan manajer restoran, pelayan robot memiliki efisiensi 9 hingga 10 kali lebih tinggi bila dibandingkan manusia.
Selain itu, robot juga memiliki biaya yang lebih rendah dan juga tidak memiliki masalah interaksi seperti pada pelayan manusia.
Mereka tidak akan mengeluh, tidak lelah ketika sedang berada di jam sibuk, dan juga tidak membuat kesalahan sepele.
Pelayan robot tersebut rencananya akan disebarkan ke 1000 restoran berteknologi tinggi baru oleh Alibaba dan JD.com ke seluruh China pada 2020.