Follow Us

Robot Akan Digunakan Untuk Membuat Robot Lain Di Pabrik Shanghai Ini

David Novan Buana - Senin, 29 Oktober 2018 | 23:12
YuMi Collaboration, robot dari ABB yang bisa bekerja bersama manusia
ABB

YuMi Collaboration, robot dari ABB yang bisa bekerja bersama manusia

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Masa ketika robot akan bisa membuat robot lain seperti di film sains fiksi Hollywood semakin dekat dengan hadirnya pabrik baru di Shanghai ini.

Pabrik tersebut rencananya akan dibuat oleh perusahaan robotic dari Swiss bernama ABB, dan tidak tanggung-tanggung rela mengeluarkan hingga $150 juta.

Menurut pihak ABB, pabrik robot tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi yang tercanggih di dunia dan menjadi kiblat bagi industri robotik.

Baca Juga : Robot Canggih Ular Tangga, Bisa Naik Turun Tangga dan Masuk Celah Sempit

Robot yang nantinya akan dibangun di dalam pabrik ini terutama adalah yang digunakan di dalam manufakturing industri lain.

Beberapa jenis manufakturing yang saat ini menggunakan robot adalah produk elektronik dan kendaraan bermotor.

Melalui bantuan robot yang membuat robot lain di dalam pabrik robotik ini, ABB berharap kualitasnya menjadi lebih tinggi karena ketelitian dalam membuat banyak replika adalah keahlian dari robot.

Tentu saja masih ada campur tangan manusia di dalam pabrik tersebut, karena masih ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan lebih baik, terutama di bagian pengendalian kualitas.

Itu sebabnya jangan langsung berpikiran negatif dengan mengira pabrik ini bisa membuat sendiri robot jahat untuk menguasai dunia seperti di dalam film.

Untuk lebih mengamankan proses bekerja antara manusia dan robot, ABB menggunakan robot berbentuk tangan tunggal bernama YuMi.

Robot YuMi ini sendiri sebelumnya sempat digunakan untuk memimpin orkestra, sehingga keluwesannya bisa diandalkan.

Source : Reuters, Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest